Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Pastikan Gibran Tak Masuk Tim Pemenangan Nasional PDIP untuk Pilpres 2024

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 22:01 WIB
ganjar-pastikan-gibran-tak-masuk-tim-pemenangan-nasional-pdip-untuk-pilpres-2024
Capres PDIP Ganjar Pranowo saat menyampaikan pidato dalam acara The 11th Annual US - Indonesia Investment Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo memastikan bahwa tak ada nama Wali Kota Solo/Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam daftar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden untuk Pilpres 2024. 

“Mas Gibran tidak di TPN, kok,” kata Ganjar kepada wartawan di sela-sela acara 11th US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2023). 

Capres yang diusung PDIP, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo itu pun mengaku yakin bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan menggunakan fasilitas negara untuk memenangkan putra sulungnya, Gibran, di Pilpres 2024.

“Ah, enggak papa (tidak khawatir -red), Pak Presiden enggak akan melakukan itu,” kata Gubernur Jawa Tengah periode 2013 – 2018 dan periode 2018 – 2023 itu.

Saat ini, Gibran masih berstatus sebagai kader PDIP meski ia maju sebagai bakal calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bacapres.

Pasangan Prabowo-Gibran akan mendaftarkan diri sebagai bacapres dan bacawapres untuk Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Anies Yakin Presiden Jokowi Bersikap Netral pada Pilpres 2024: Keren kan kalau Menang Netral?

Sekretaris Jenderal Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ahmad Muzani memastikan Prabowo dan Gibran akan berangkat dari rumah Prabowo di Kertanegara, Jakarta Selatan menuju ke Stadion Indonesia Arena terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran ke Kantor KPU RI.

"Besok beliau (Prabowo, red) akan naik kendaraan dari Kertanegara menuju Stadion Indonesia Arena, lalu ke Taman Suropati naik kendaraan," kata Ahmad Muzani melalui konferensi pers di Jakarta, Selasa (24/10/2023) yang disiarkan dalam program Breaking News, Kompas TV.


Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan mendukung semua bacapres dan bacawapres yang akan maju di Pilpres 2024.

"Dukung semuanya, untuk kebaikan negara ini," jawab Presiden Jokowi kepada wartawan usai menghadiri acara peringatan Hari Santri di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023).

Menurut Presiden ke-7 Republik Indonesia itu, semua capres dan cawapres yang akan maju di Pilpres 2024 adalah pasangan yang serasi.

"Semuanya cocok, Pak Anies dengan Pak Muhaimin cocok, Pak Ganjar dengan Pak Mahfud cocok, Pak Prabowo juga cocok," jelasnya.

Baca Juga: Sekjen Gerindra: Besok, Prabowo-Gibran Diarak dari Indonesia Arena ke Taman Suropati sebelum ke KPU

Sebagai informasi, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x