Kompas TV nasional politik

Minggu Ini Jokowi Berencana Reshuffle Menteri, Sinyal Demokrat Masuk Kabinet

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 12:12 WIB
minggu-ini-jokowi-berencana-reshuffle-menteri-sinyal-demokrat-masuk-kabinet
Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet pada pekan ini. Hal itu ia sampaikan saat ditanya wartawan, usai membuka acara pertemuan investor di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (24/10/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana merombak menteri di Kabinet Indonesia Maju. 

Presiden Jokowi menyatakan sudah mempersiapkan reshuffle atau pergantian menteri. Kemungkinan pergantian menteri akan dilakukan dalam minggu ini.

"Mungkin minggu ini. Ini baru disiapkan," ujar Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal reshuffle, Selasa (24/10/2023). 

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan posisi menteri yang akan diganti yakni Kementerian Pertanian. Saat ini kursi Mentan masih dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan, mengisi kursi yang ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo. 

Baca Juga: Budi Arie Pastikan Bakal Ada Reshuffle Kabinet Usai Syahrul Yasin Limpo Mundur Sebagai Mentan

"(Yang dirombak) pos Menteri Pertanian," ujar Jokowi. 

Untuk nama yang ditunjuk sebagai Mentan, Jokowi belum mau membuka. Namun Jokowi sempat memberi respons positif dengan menganggukan kepala saat disinggung mengenai kemungkinan kader dari Partai Demokrat masuk kabinet. 

Diketahui Partai Demokrat merupakan anggota dari Koalisi Indonesia Maju, pendukung bakal Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Jika Jokowi benar memberikan kursi kepada Demokra, maka partai pareleman pendukung Prabowo masuk dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Partai parlemen pengusung Prabowo yakni, Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN. Sisanya partai di luar parlemen yang mendukung Prabowo yakni PBB, Partai Gelora, Partai Garuda dan Partai Prima.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x