Kompas TV nasional humaniora

Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa Diperingati Setiap 24 Oktober, Ini Sejarahnya

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 05:30 WIB
hari-perserikatan-bangsa-bangsa-diperingati-setiap-24-oktober-ini-sejarahnya
Logo Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setiap tanggal 24 Oktober diperingati sebagai Hari PBB. (Sumber: wallpapercave.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap 24 Oktober diperingati sebagai Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Day setiap tahunnya. Hari peringatan ini untuk merayakan lahirnya Piagam PBB 1945.

Pada momen tersebut, dilaksanakan pertemuan antara 50 negara untuk mempromosikan perdamaian di seluruh dunia usai Perang Dunia II.

Dikutip dari laman resmi United Nations, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan di seluruh dunia. 

Sebanyak 50 negara berkumpul di San Francisco pada 25 April 1945 dan mulai menyusun Piagam PBB. Namun, misi mereka untuk meneruskan perdamaian dunia dipersulit saat terjadi Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. 

Baca Juga: Sekjen PBB Mengutuk Serangan Rudal Israel ke RS Al Ahli di Gaza!

Usai Perang Dingin, jumlah anggota Dewan Keamanan meningkat lebih dari dua kali lipat dan anggaran pemeliharaan perdamaian meningkat pesat. Namun, pihak PBB kembali mengalami kesulitan baru. 

Pada 1990-an, PBB menghadapi berbagai krisis dengan Somalia, Haiti, Mozambik, dan Yugoslavia. Meski demikian, PBB terus berupaya agar misi perdamaian dan keamanan di seluruh dunia dapat tercapai. 

Hal ini dilakukan melalui peringatan Hari PBB tanggal 24 Oktober setiap tahunnya. Sementara itu, hari Perserikatan Bangsa-Bangsa 24 Oktober bersamaan dengan ratifikasi Piagam PBB tahun 1945. 

Hari PBB baru diresmikan pada 24 Oktober 1948. Hari PBB adalah kesempatan untuk mengingat dan merayakan peran penting PBB dalam menciptakan dunia yang lebih damai, adil, dan sejahtera.

Isi Piagam PBB

Melansir laman Kemendikbud, Piagam PBB adalah sebuah perjanjian internasional yang berisi tentang penetapan hak negara anggota PBB serta prosedur pelaksanaan PBB. 

Baca Juga: Israel Bom Rumah Sakit, Sekolah PBB, Toko Roti, Kamp Pengungsi dalam 24 Jam, Ratusan Tewas di Gaza

Poin-poin Piagam PBB adalah sebagai berikut.

  1. Tetap menjaga dan mendukung perdamaian di dunia

  2. Menghormati hak asasi manusia sekaligus menjaga persaudaran antar bangsa

  3. Membangun kerja sama antar negara dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan

  4. Menjadi pelopor dan Ikut serta dalam mengambil tindakan yang mengancam perdamaian dunia

  5. Bekerja sama membantu dalam hal kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x