Kompas TV nasional politik

Peluang Prabowo-Gibran Menang Pilpres di Jateng, Pakar: Realitas Politik Itu Kandang PDIP

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 11:37 WIB
peluang-prabowo-gibran-menang-pilpres-di-jateng-pakar-realitas-politik-itu-kandang-pdip
Bakal calon presiden atau capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo menghadiri acara konsolidasi partainya di kantor DPD PDIP, Banten, Sabtu (27/5/2023). (Sumber: Tribunnews/Fransiskus Adhiyuda.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar Komunikasi Politik Universitas Nasional Lely Arrianie sebut dalam realitis politik, Jawa Tengah adalah kantong suara bagi PDI Perjuangan. Oleh karena itu, Koalisi Indonesia Maju perlu bekerja keras meskipun Prabowo Subianto menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres di Pilpres 2024.

Demikian Lely Arrianie menakar peluang kemenangan Prabowo Subianto menggandeng Gibran Rakabuming Raka di Jawa Tengah untuk Pilpres 2024.

“Realitas politik yang ada itu memang menunjukkan Jawa Tengah itu memang kendang banteng, artinya bukan kandangnya Mas Ganjar, bukan kandangnya Pak Jokowi, bukan kandangnya Gibran,” kata Lely dalam dialog Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Senin (23/10/2023).

“Mesin politik, benar-benar ini media komunikasi politiknya adalah organisasi.”

Baca Juga: Airlangga dan Megawati Disebut Sudah Komunikasi soal Gibran Jadi Bacawapres Prabowo Subianto

Lely pun menjelaskan fakta saat Ganjar Pranowo ingin maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan posisi elektabilitasnya hanya sekitar 6 persen. Tetapi kemudian, kata Lely, PDI Perjuangan bergerak dan mendongkrak elektabilitas Ganjar yang semula hanya 6 persen menjadi 60 persen.

“Sampai detik ini hasil survei Litbang Kompas bulan Mei, termasuk responden yang mengaku Nahdiyin sekalipun dari berbagai wilayah di Indonesia ini yang 61,7% menurut hasil Litbang Kompas, itu 22,8% memilih PDIP,” ujar Lely.

“Artinya dalam kelompok marginal yang seperti apapun PDIP itu ingin disinkronkan dengan Pak Ganjar kah, Pak Jokowi kah, atau Gibran tetap orang-orang mengkonotasikan Jawa Tengah itu sebagai banteng, kandangnya banteng. Bukan kendang ketiga tokoh ini.”


Oleh karena itu, sambung Lely, jika memang Prabowo benar-benar menggandeng Gibran sebagai bakal cawapres mesin politik Koalisi Indonesia Maju harus tetap bekerja keras.

Baca Juga: Besok, Prabowo-Gibran Daftar ke KPU sebagai Pasangan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

“Artinya mesin partai, organisasinya terutama Golkar dan Gerinda juga cukup tinggi, barangkali justru yang menggerakkan mesin partai nantinya, bukan Gibrannya sendiri,” kata Lely.

Sebagai informasi, dalam pertarungan di Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Demokrat, PBB, Partai Gelora.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x