Kompas TV nasional rumah pemilu

Mahfud Puas dengan Visi-Misi Ganjar kendati Tak Terlibat Pembahasannya: Hebat, Tinggal Laksanakan

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 21:21 WIB
mahfud-puas-dengan-visi-misi-ganjar-kendati-tak-terlibat-pembahasannya-hebat-tinggal-laksanakan
Bakal calon wakil presiden (bacawapres) PDI-P, PPP, Perindo dan Hanura, Mahfud MD ditemui di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta, Minggu (22/10/2023) malam. (Sumber: Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon Wakil Presiden pendamping Ganjar Pranowo, Mahfud MD mengaku tidak terlibat pembahasan visi-misi capres-cawapres yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Kamis (19/10/2023) lalu.

Namun, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI itu menyebut visi-misi yang dibahas tim Ganjar sudah bagus.

Mahfud menyampaikan, tim pemenangan Ganjar yang diusung koalisi PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura sudah lama bergerak dan visi-misi sudah digodok.

Dosen Universitas Islam Indonesia itu baru ditetapkan sebagai cawapres Ganjar pada 17 Oktober lalu.

"Saya kan baru diberi tahu (menjadi cawapres) tanggal 17 sore. Tim (pemenangan Ganjar) ini sudah lama berjalan," kata Mahfud saat jumpa pers di Jakarta, Minggu (22/10/2023).

Baca Juga: Resmi! Gibran Jadi Cawapres Prabowo pada Pilpres 2024, Daftar ke KPU Hari Rabu

Mahfud menyanjung visi-misi tim Ganjar yang menurutnya komprehensif.

Kata dia, visi-misi itu tidak hanya menyangkut ekonomi dan investasi, tetapi juga mencakup penataan politik dan penegakan hukum.

"Ketika ke KPU kemarin, saya di-brief dulu tentang visi-misinya. Ternyata sangat luar biasa, bagus," kata Mahfud.

"Saya merasa (sudah memuat) semua apa yang saya pikirkan selama ini tentang persoalan Indonesia," lanjutnya sebagaimana dikutip Kompas.com.

Pendamping Ganjar itu pun menilai, visi-misi yang diusungnya telah memuat konsep tentang pengembangan bangsa ke arah yang lebih bermartabat, merdeka, bersatu, dan berdaulat sesuai amanat konstitusi.

"Sesudah saya baca, waduh, sudah hebat ini, tinggal melaksanakan,'" kata Mahfud.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan, visi-misi capres-cawapres telah digarap sejak ia dideklarasikan PDIP sebagai bakal calon presiden.

Ia menyebut visi-misi itu disusun melalui pembahasan dengan partai, pakar, serta kelompok masyarakt.

"Timnya ada. Ada dari tim partai-partai yang sudah bekerja sama dan mengusung, ada semacam FGD (focus group discussion) mendapatkan masukan dari pakar-pakar, dan tentu saja kelompok masyarakat juga memberi berbagai macam masukan," ujarnya.

Pasangan Ganjar-Mahfud akan bersaing dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024 mendatang.

Gibran baru diputuskan sebagai bakal cawapres Prabowo pada Minggu (22/10) malam.

Baca Juga: Survei LSI: Prabowo-Gibran 35,9 Persen, Ganjar-Mahfud 26,1 Persen, AMIN 19,6 Persen




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x