Kompas TV nasional rumah pemilu

Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Besok: Ganjar Puasa dari Jam 8 Malam, Mahfud Tambah Jam Istirahat

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 20:14 WIB
persiapan-pemeriksaan-kesehatan-besok-ganjar-puasa-dari-jam-8-malam-mahfud-tambah-jam-istirahat
Bakal Cawapres Ganjar Pranowo, Mahfud MD menunjukkan kemeja Putih yang dipakainya saat ingin mendaftar ke KPU di Tugu Proklamasi, Kamis (19/10/2023). Kemeja Putih yang dipakai Mahfud menyiratkan pesan lima tahun lalu saat dirinya batal menjadi Cawapres Jokowi di Pilpres 2019. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gator Soebroto, Minggu (22/10/2023) besok. 

Bagaimana kesiapan keduanya dalam menjalani tes kesehatan?

Ganjar menjelaskan dirinya sudah menyiapkan diri untuk menjalani tes kesehatan. Bahkan mantan Gubernur Jawa Tengah itu sudah merencanakan untuk berlari dari rumah menuju RSPAD Gatot Soebroto.

"Jadi sama istri sedang merencanakan, kalau dari rumah ke (RSPAD) Gatot Soebroto berapa kilometer ya. Kita mau lari saja ke sana," ujar Ganjar saat ditemui di Bakmi Millenial The Ground at Nipah, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023).

Ganjar menambahkan saran dokter untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yakni berpuasa. Ia mengaku akan menjalankan rekomendasi tersebut dengan berpuasa mulai pukul 20.00 WIB malam ini. 

Baca Juga: Mahfud MD Ceritakan Awal Mula Komunikasi Politik Hingga Akhirnya Deklarasi Cawapres Ganjar

Selebihnya Ganjar menyatakan tidak ada persiapan khusus. Sebab sebelum pemeriksaan kesehatan dari KPU, ia sudah melakukan cek kesehatan dengan hasil yang baik.

"Kemarin juga sudah diperiksa di salah satu rumah sakit. Mungkin kalau masih berlanjut tinggal yang lain-lain aja gitu ya," ujarnya. 

Sementara itu, Mahfud MD mengaku akan memaksimalkan waktu istirahat untuk menjalani pemeriksaan kesehatan besok. 

Mahfud menjelaskan setelah pendaftaran, di luar jam kerja sebagai Menkopolhukam dirinya mulai disibukkan dengan kunjungan tamu yang memberikan selamat dan membuat waktu istirahatnya sedikit berkurang.

Meski begitu, Mafud menilai tidak ada masalah dalam kesehatannya dan siap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gator Soebroto.

Baca Juga: Ganjar Siap Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSPAD Besok, Begini Persiapannya

"Alhamdulilah saya sedang sehat, mungkin hanya perlu istirahat tidur 3 sampai 4 jam gitu sudah fresh. Secara umum saya sangat sehat dan sangat siap untuk tes kesehatan besok," ujar Mahfud di progam Kompas Petang KompasTV, Sabtu (21/10).

Sebelumnya Paslon presiden dan wakil presiden, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, pagi hingga siang tadi, Sabtu (21/10).

Ada 50 dokter baik langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan yang memeriksa kesehatan bakal Capres dan Cawapres. 

Kepala RSPAD Gatot Soebrato, Letjen TNI Albertus Budi Sulistya menjelaskan pemeriksaan kesehatan bagi bakal Capres dan Cawapres bisa memakan waktu 10 jam, tergantung dari pasien dalam mengikuti aturan yang sudah ada. 

Untuk Paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dijadwalkan pemeriksaan pada Minggu (22/10).  


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x