Kompas TV nasional humaniora

Peringatan BMKG: Waspada Hujan dengan Kilat atau Petir di Sejumlah Daerah Sumatera dan Jawa Hari Ini

Kompas.tv - 21 Oktober 2023, 10:44 WIB
peringatan-bmkg-waspada-hujan-dengan-kilat-atau-petir-di-sejumlah-daerah-sumatera-dan-jawa-hari-ini
Ilustrasi hujan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi terjadinya hujan yang disertai kilat atau petir di sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini, Sabtu (21/10/2023), khususnya Sumatera dan Jawa.

Hujan yang disertai kilat atau petir berpotensi terjadi di Pekanbaru, Tanjung Pinang, Palembang, serta Bandung.

“Waspadai hujan dengan intensitas lebat untuk wilayah Medan. Waspadai pula hujan yang disertai kilat maupun petir untuk wilayah Pekanbaru dan Tanjung Pinang,” kata prakirawan BMKG Cici Sucianingsih, di akun @infobmkg.

Cici menjelaskan, di wilayah Sumatera hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di Banda Aceh, hujan dengan intensitas sedang untuk wilayah Padang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Hari Ini : Pagi Cerah Berawan, Bagaimana dengan Siang? Cek Disini

Cuaca berkabut berpotensi terjadi di wilayah Jambi. Hujan dengan intensitas ringan untk wilayah Bengkulu, Bandar lampung, dan juga Pangkalpinang.

“Waspadai hujan yang disertai kilat maupun petir untuk wilayah Palembang.”

Untuk wilayah Pulau Jawa, lanjut Cici, cuaca cerah berawan berpotensi terjadi untuk wilayah Surabaya.

“Cuaca berawan untuk wilayah Jakarta dan Yogyakarta.”

“Hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Serang, hujan dengan intensitas sedang untuk wilayah Semarang, serta waspadai hujan yang disertai kilat maupun petir untuk wilayah Bandung,” ujarnya.

Sementara, untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuaca cerah berawan terpantau untuk wilayah Denpasar dan Kupang, sementara cuaca berawan untuk wilayah Mataram.

“Untuk sobat yang berada di Kalimantan, cuaca berkabut terpantau untuk wilayah Tanjungselor.”

“Hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Palangkaraya, Banjarmasin, dan Samarinda. Waspadai hujan yang disertai kilat maupun petir untuk wilayah Pontianak,” ucapnya.

Di Sulawesi, cuaca cerah berawan terpantau untuk wilayah Kendari, cuaca berawan untuk wilayah Makassar, sementara ujan dengan intensitas ringan terpantau untuk wilayah Mamuju, Palu, Gorontalo, dan juga Manado.

“Untuk wilayah timur Indonesia, cuaca berawan terpantau untuk wilayah Ambon, sementara hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Ternate, Manokwari dan Jayapura.”

Angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, kemudian Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Beitung, Lampung, Jawa Barat, dan juga Jawa Timur.

Baca Juga: Prediksi Hujan di Berbagai Daerah di Indonesia Pertengahan Oktober-November Menurut BMKG

“Peringatan gelombang laut dengan ketinggian 2,5 hingga 4 meter berpotensi terjadi di wilayah samudera Hindia bagan barat daya Sumatera hingga Samudera Hindia selatan Pulau Jawa,” kata Cici.

Selanjutnya untuk suhu udara di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar antara 20 hingga 36 derajat celsius dengan kelembapan udara berkisar 35 hingga 100 persen.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x