Kompas TV nasional politik

Puan Akan Tanya ke Jokowi soal Arah Dukungan, Pengamat Nilai Tanda PDIP Sudah Siap

Kompas.tv - 20 Oktober 2023, 07:24 WIB
puan-akan-tanya-ke-jokowi-soal-arah-dukungan-pengamat-nilai-tanda-pdip-sudah-siap
Prabowo, Jokowi dan Ganjar Pranowo berjalan bersama di Pematang Sawah di Kebumen (Sumber: Sekretariat Presiden )
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal arah dukungan Presiden Joko Widodo dinilai sebagai sebuah sikap tegas PDIP siap berhadapan dengan Jokowi. 

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menilai pernyataan Puan yang mempertanyakan arah dukungan Jokowi merupakan kalimat retorik yang memiliki pesan bahwa PDIP siap berharapan dengan Jokowi. 

Hal tersebut tidak terlepas dengan langkah Presiden Jokowi sangat mudah dibaca. Semisal saat Jokowi hadir di acara Projo, usai acara tersebut relawan Jokowi tersebut mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto. 

"Semua itu manuver yang begitu vulgar sehingga bacaan terhadap langkah politik Pak Jokowi, rekan-rekan di PDIP mudah untuk menangkapnya," ujar Ahmad di program Kompas Petang KOMPAS TV, Kamis (19/10/2023).

Di sisi lain, Ahmad juga menilai deklarasi Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar Pranowo menjadi sebuah sinyal dari PDIP untuk mengakhiri aspek ketergantungan atau efek ekor jas dari Jokowi. 

Baca Juga: Ditanya Soal Arah Dukungan Jokowi Usai Deklarasi Ganjar-Mahfud, Puan: Saya Juga Mau Tau Jawabannya

Dengan deklarasi Mahfud sebagai Cawapres Ganjar, PDIP seakan menyatakan sudah meyakini akan adanya kemenangan tanpa dukungan dari Jokowi. 

"Dengan variabel Jokowi atau tidak dengan variabel Jokowi rasa-rasanya teman-teman di PDIP sudah percaya diri untuk tampil dalam kontestasi Pilpres 2024," ujar Ahmad. 

Di kesempatan yang sama anggota DPR dari Fraksi PDIP, Aria Bima menjelaskan secara formal Jokowi merupakan kader PDIP. 

PDIP jugalah yang membuat Jokowi menjadi wali kota Surakarta dua kali, gubernur DKI Jakarta hingga menjadi Presiden dua periode. 

Menurut Aria tidak mungkin Jokowi melupakan perjuangan rakyat dan kader PDIP untuk memenangkan dirinya baik di Pilkada Surakarta dan DKI Jakarta maupun Pilpres. 

Baca Juga: Ini Pujian Megawati untuk Ganjar-Mahfud saat Daftarkan Diri ke KPU

Bahkan dalam Rakernas ke IV PDIP Presiden Jokowi mengingatkan Ganjar setelah dilantik menjadi Presiden segera melaksanakan program kebijakan dan kegiatan yang menyangkut masalah kedaulatan pangan. 

"Saya masih yakin penuh dukungan Pak Jokowi terkait fondasi 10 tahun yang sudah dia laksanakan akan sangat bisa dilanjutkan dengan Pak Ganjar Pranowo dan Pak Mahfud MD," ujar Aria. 

Aria mengakui banyak yang menilai dukungan Jokowi terhadap Ganjar Mahfud tidak sepenuh hati. Namun dirinya tetap meyakini arah dukungan Jokowi tetap ke Ganjar dan Mahfud, pasangan Capres dan Cawapres yang diusung PDIP.

"Saya masih yakni dukungan Pak Jokowi ke Pak Ganjar dan ke Pak Mahfud MD masih tetap ada karena beliau kader PDIP," ujar Aria. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x