Kompas TV nasional humaniora

BMKG Prediksi Hujan Hari Ini bakal Terjadi di Sejumlah Kota Sumatera dan Jawa, Minggu 15 Oktober 223

Kompas.tv - 15 Oktober 2023, 05:05 WIB
bmkg-prediksi-hujan-hari-ini-bakal-terjadi-di-sejumlah-kota-sumatera-dan-jawa-minggu-15-oktober-223
Ilustrasi hujan (Sumber: Pixabay)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memrediksi sejumlah kota di Sumatera dan Jawa bakal diguyur hujan pada hari ini, Minggu (15/10/2023).

Mengutip dari Instagram @infobmkg, Sabtu (14/10/2023), untuk wilayah Sumatera, cuaca berawan terpantau untuk wilayah Tanjung Pinang.

Baca Juga: Musim Kemarau Tak Berhenti Serempak, BMKG Imbau Masyarakat Hemat Air

“Hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Padang. Hujan dengan intensitas sedang untuk wilayah Banda Aceh dan Medan,” kata Cici Sucianingsih, prakirawan BMKG dalam video.

“Waspadai hujan yang disertai kilat maupun petir untuk wilayah Pekanbaru.”

Sementara untuk wilayah  Bandar Lampung diperdiksi cuaca akan cerah berawan, kemudian cuaca berawan tebal di wilayah Pangkal Pinang, hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Bengkulu.

“Waspadai cuaca berasap untuk wilayah Jambi dan juga Palembang.”

“Untuk Pulau Jawa, cuaca cerah berawan terpantau untuk wilayah Surabaya dan Yogyakarta, cuaca berawan untuk wilayah Jakarta, Bandung, dan juga Semarang,” tambahnya.

Hujan dengan intensitas sedang diprediksi bakal terjadi di wilayah Serang.

Sementara untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara, cuarca terpantau cerah berawan hingga berawan.

Umumnya untuk wilayah Kamilantan terpantau hujan dengan intensita ringan kecuali untuk wilayah Pontianak terpantau berawan tebal.

“Wilayah Sulawesi, cuaca cerah berawan terpantau di wilayah Gorontalo dan juga Kendari.”

“Cuaca berawan untuk wilayah Palu dan juga Makassar serta hujan dengan intensitas  ringan terpantau untuk wilayah Mamuju dan Manado,” tambahnya.

Untuk wilayah Indonesia bagian timur, cuaca berawan terpantau di wilayah Ternate, hujan dengan intensitas ringan untuk wilayah Ambon, Manokwari, dan juga Jayapura.

Baca Juga: Catat Waktunya, BMKG Prediksi Sinar UV Tinggi dan Ekstrem di Indonesia pada 12 Oktober 2023

Secara umum, kata Cici, prakiraan angin permukaan di Indonesia masih didominasi oleh angin yang bertiup dari arah tenggara dan selatan dengan kecepatan 10-50 km per jam.

“Potensi gelombang tinggai antara 2,5 hingga 4,0 meter di amudera Hindia sebelah barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung.”

“Kemudian selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa dan juga Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB,” jelasnya.


 



Sumber : BMKG


BERITA LAINNYA



Close Ads x