Kompas TV nasional rumah pemilu

Siang Ini Cak Imin akan Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSCM

Kompas.tv - 13 Oktober 2023, 11:07 WIB
siang-ini-cak-imin-akan-jalani-pemeriksaan-kesehatan-di-rscm
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengapresiasi dukungan PKS terhadap dirinya sebagai pendamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. DPP PKS resmi menyetujui Muhaimin sebagai bakal cawapres Anies di Pilpres 2024, Jumat (15/9/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat pada Jumat (13/10/2023) siang. 

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. 

Pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dimulai pada 19 Oktober hingga 23 Oktober 2023. 

Baca Juga: KPU Sebut Pemeriksaan Kesehatan Bakal Capres-Cawapres Dilakukan di Rumah Sakit Pemerintah

"Iya, besok (hari ini) ternyata ada persyaratan baru, sehingga saya akan ke rumah sakit untuk tes kesehatan agar mendapatkan keterangan sehat di RSCM," kata Cak Imin kepada wartawan, Jumat. 

Dia mengaku belum bisa memastikan apakah pemeriksaan kesehatan itu bareng dengan bakal capres Anies Baswedan atau tidak. 

"Habis zuhur (ke RSCM). Kemungkinan bareng, kemungkinan enggak," katanya. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menyebut pemeriksaan kesehatan bakal capres dan cawapres akan dilakukan di rumah sakit milik pemerintah.

Namun, kata dia, hingga kini belum ditunjuk rumah sakit mana yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut karena pihaknya harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).  

Ia menjelaskan, tes kesehatan itu merupakan salah satu syarat agar bakal capres-cawapres bisa lolos menjadi peserta Pilpres 2024. 

"Ketika hadir mendaftar, masing-masing disiapkan surat keterangan sehat dari dokter di rumah sakit pemerintah, walaupun nanti begitu mendaftar kita berikan kesempatan untuk diperiksa secara menyeluruh," kata Hasyim di Jakarta, Kamis (12/10/2023). 

Menurut dia, bila pasangan calon terbukti sehat jasmani dan rohani, mereka bisa menjalani tugas-tugasnya sebagai pemimpin negara bila terpilih nanti. 

"Karena menurut undang-undang, ketika hadir mendaftar, harus sudah ada bukti bahwa pasangan calon tersebut sudah dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan tugas-tugas sebagai capres dan cawapres," katanya.

Saat ini, kata Hasyim, pihaknya masih berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ihwal rumah sakit yang akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan tersebut.

Baca Juga: Cak Imin Ungkap Pasangan Amin akan Daftar ke KPU pada Hari Pertama, 19 Oktober 2023

"Nanti memfasilitasi pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter yang dibentuk oleh KPU dan RS yang ditunjuk oleh KPU," ujarnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x