Kompas TV nasional hukum

Setelah Pensiun KSAD Dudung Milih Bertani, Tak Mau Terjun ke Politik

Kompas.tv - 12 Oktober 2023, 17:10 WIB
setelah-pensiun-ksad-dudung-milih-bertani-tak-mau-terjun-ke-politik
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman memberikan keterangan pers seusai Rapat Pimpinan (Rapim) TNI AD tahun 2023 yang digelar di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (10/2/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memilih untuk bertani saat pensiun pada 19 November mendatang. 

Mantan Pangkostrad ini tidak tetarik terjun ke politik setelah purnatugas di TNI. Ia lebih memilih kembali ke kempung halaman dan bertani.

"Ya saya mau bertani saja lah. (terjung ke politik) Enggak lah, saya enggak berpolitik, mau nyangkul aja," ujar Dudung di sela agenda General Border Committee Malaysia-Indonesia, Kamis (12/10/2023).

Dudung merupakan lulusan Akmil tahun 1988. Usai pendidikan Dudung memimpin pleton III Kompi B Yonif 744/Satya Yudha Bakti, pasukan elit infanteri raider di bawah dari tahun 1989-1992 yang bermarkas di Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. 

Awal karier Dudung di perwira menengah menjabat Wakil Komandan Yonif 410/Alugoro, batalyon infanteri yang bermarkas di Blora, Jawat Tengah, tahun 1998-1999. 

Baca Juga: Aksi Bobby Nasution dan KSAD Dudung Abdurachman Susur Sungai Deli untuk Rencanakan Revitalisasi

Pecah bintang, karier Dudung menjabat Wakil Gubernur Akmil periode 2015—2016. 

Langkah Dudung yang ingin bertani setelah pensiun ini sama seperti Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. 

Yudo lebih tertarik kembali ke kampung halaman dan bertani. Yudo akan pensiun pada 26 November 2023. Ia juga tak mau ambil pusing dengan isu perpanjangan jabtan Panglima TNI yang bergulir belakangan ini. 

"Ya kemarin sudah disampaikan Pak Jokowi itu lho, masih dalam proses. Untuk itu bukan wewenang saya," ujar Yudo di Markas Besar TNI, Jakarta Timur, Jumat (6/10/2023). 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x