Kompas TV nasional peristiwa

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Digarap, Uji Coba Ditargetkan pada 2026

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 09:56 WIB
kereta-cepat-jakarta-surabaya-digarap-uji-coba-ditargetkan-pada-2026
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. (Sumber: YouTube/LPDP)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA bersama sejumlah instansi dan perguruan tinggi tengah menggarap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya yang dinamakan proyek Kereta Cepat Merah Putih.

Sejumlah instansi dan perguruan tinggi yang tergabung dalam proyek ini adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRINS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hingga Universitas Gadjah Mada (UGM).

Senior Manager Humas dan Kantor Perwakilan INKA Agung Dwi Cahyono mengatakan bahwa prototipe carbody dan bogie kereta cepat ini ditargetkan rampung produksi pada 2024. Selanjutnya, pihaknya akan menguji konstruksinya.

Baca Juga: Bocoran Rute Kereta Cepat Jakarta-Surabaya "Merah Putih", Kecepatan hingga Kapan akan Dibangun?

Setelah kekuatan konstruksi prototipe kereta cepat diketahui, integrasi berbagai komponen pun dilakukan pada 2025 hingga 2026. Komponen seperti carbody, sistem kereta, hingga bogie akan diintegrasikan.

Agung menjelaskan bahwa pada 2026 nanti, proyek itu juga akan diintegrasikan bersama dengan instansi dan lembaga yang tergabung. 

Proses uji coba prototipe Kereta Cepat Merah Putih ditargetkan akan dilakukan pada 2026.

"Yang mengerjakan kereta cepat merah putih ini banyak instansi dan lembaga terlibat. UGM output-nya apa? ITS output-nya apa? Dan sebagainya. Nanti baru kita integrasi bareng-bareng di tahun 2026. BRIN nanti yang menguji komponen dan konstruksinya dan sebagainya," jelas Agung, Senin (9/10/2023).

Saat ini, proyek tersebut sedang dalam tahap finalisasi. PT INKA sendiri fokus mengerjakan pembuatan carbody dan bogie yang tahan dengan kecepatan tinggi.

Carbody-nya semua dari aluminium structure. Bogie juga akan dibuat prototipe yang bisa dijalankan pada kecepatan di atas 200 km/jam,” ujar Agung.

Baca Juga: Pemesanan Tiket Gratis Kereta Cepat Whoosh 11-16 Oktober Dibuka, Catat Rute-Jadwal Keberangkatannya

Diberitakan sebelumnya, Kereta Cepat Merah Putih ini akan menghubungkan Jakarta-Surabaya dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.


 

Dengan adanya kereta cepat ini, nantinya perjalanan Jakarta-Surabaya dapat ditempuh selama 3 jam 40 menit dengan kecepatan rata-rata 230 km/jam.

Waktu tempuh ini lebih cepat dibandingkan kereta jarak jauh yang saat ini beroperasi, di mana Kereta Argo Bromo Anggrek yang memiliki kecepatan 80-120 km/jam dengan waktu tempuh 8 jam.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x