Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei Poltracking Indonesia: Gerindra 21,2 persen, Disusul PDI-P 17,6 Persen, Golkar 8,2 Persen

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 21:30 WIB
survei-poltracking-indonesia-gerindra-21-2-persen-disusul-pdi-p-17-6-persen-golkar-8-2-persen
Bendera partai politik, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lembaga survei Potracking merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai politik (Parpol) di Provinsi Jawa Barat (Jabar).  (Sumber: KOMPAS/AGUS SUSANTO)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas partai politik (Parpol) di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hasilnya menunjukkan Partai Gerindra di Jawa Barat memuncaki posisi elektabilitas partai politik di Jabar, disusul PDI-P di urutan kedua.

"Di Jawa Barat praktis Gerindra masih kuat di angka 21,2 persen. Kemudian PDI-P 17,6 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi saat memaparkan hasil survei secara daring, Selasa (10/10/2023).

Sementara partai lainnya, kata dia, mendapatkan elektabilitas di bawah 10 persen.

Seperti Golkar yang berada diurutan ketiga dengan 8,2 persen, dilanjutkan dengan NasDem 7,4 persen, PKS 7,3 persen, PKB 6,7 persen, PAN 6,5 persen.

Sedangkan partai lainnya elektabilitasnya di bawah 4 persen atau di bawah syarat ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

"Demokrat 3,9 persen, PPP 2,4 persen, Perindo 1,3 persen, PSI 1,0 persen dan beberapa partai lain di bawah 1 persen," ujar Arya.

Baca Juga: Survei LSI: Pemilih PKB Cenderung Dukung Prabowo Subianto ketimbang Anies Baswedan

Dalam kesempatan itu, Arya menilai tingginya elektabilitas Partai Gerindra di Jawa Barat dikarenakan adanya pengaruh nama Prabowo Subianto yang begitu kuat di provinsi tersebut.

"Ini bisa jadi linier juga ada nama Prabowo di sana yang sangat kuat," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam hasil survei Poltracking Indonesia terbarunya terkait elektabilitas bakal calon presiden (Bacapres) di Jawa Barat (Jabar), Prabowo Subianto yang merupakan bacapres Koalisi Indonesia Maju, punya angka 44,2 persen.


Kemudian disusul bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dengan angka elektabilitas 25 persen, dan bacapres dari PDI-P Ganjar Pranowo dengan 21,8 persen.

Adapun survei tersebut digelar Poltracking Indonesia pada 25 September hingga 1 Oktober 2023 di Jawa Barat.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.000 responden dengan margin of error +/- 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Respondennya adalah mereka yang sudah memiliki hak pilih atau berusia 17 tahun atau lebih, dan atau sudah menikah.

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Baca Juga: Survei Poltracking Capres di Jabar: Prabowo 44,2 Persen, Anies 25 Persen, Ganjar 21,8 Persen

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x