Kompas TV nasional peristiwa

Ramai Beredar Foto Ketua KPK Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di Lapangan Badminton, Ada Apa?

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 18:05 WIB
ramai-beredar-foto-ketua-kpk-firli-bahuri-dan-syahrul-yasin-limpo-di-lapangan-badminton-ada-apa
Beredar sebuah foto yang menunjukkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seiring pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, muncul foto yang menunjukkan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton.

Firli Bahuri tampak mengenakan pakaian olahraga, sedangkan Syahrul mengenakan celana jeans dan kemeja. Keduanya terlihat sedang berbincang.

Belum diketahui kapan foto tersebut diambil, pun di lapangan badminton mana keduanya berada. Namun, sepanjang hari ini, Jumat (6/10/2023), foto tersebut viral dan jadi perbincangan publik.

Baca Juga: Soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK terhadap Mentan, Dewas: Belum Tahu, Belum Ada Laporan

Foto tersebut disebut-sebut berkaitan dengan kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK dalam pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementan.

Firli Bahuri sendiri telah membantah dirinya atau pimpinan KPK lain melakukan pemerasan tersebut. Dia bilang, kabar tersebut tidak benar.

Dia mengaku sering melakukan olahraga badminton. Namun, dia membantah menerima sejumlah uang saat bermain badminton. 

“Saya main bulutangkis di tempat bulutangkis dan banyak orang. Jadi tidak mungkin kalau Anda memberikan uang kepada saya. Ini ajudan saya nih,” kata Firli sembari menunjuk ajudannya usai menggelar konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Firli mengaku sering melakukan olahraga bulu tangkis, setidaknya dua kali seminggu. "Tempa itu terbuka, saya kira tidak ada hal-hal orang bertemu dengan saya,” tutur Firli.

Baca Juga: Soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK, Mentan Syahrul Yasin Limpo Ternyata Sudah Diperiksa 3 Kali

"Apalagi ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dolar, saya pastikan nggak ada. Siapa yang mau ngasih uang 1 miliar dolar?" ucapnya.

Purnawirawan jenderal polisi bintang tiga itu juga membantah ada pimpinan KPK yang memeras Mentan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini diduga terlibat korupsi. Firli bilang, dia tidak mengenal pejabat lain di Kementan selain Syahrul.


 

Kompas.tv sudah menghubungi juru bicara (jubir) KPK Ali Fikri untuk mengkonfirmasi terkait beredarnya foto Ketua KPK Firli Bahuri bersama mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. Namun hingga artikel ini ditayangkan belum mendapatkan jawaban.

Diberitakan Kompas.TV sebelumnya, dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK ini muncul usai beredar surat panggilan pemeriksaan dari Polda Metro Jaya terhadap sopir dan ajudan Mentan Syahrul Yasin Limpo sebagai saksi untuk penyelidikan kasus di Kementan.

Baca Juga: Firli Bahuri soal Dugaan Pemerasan oleh Pimpinan KPK di Kasus Korupsi Kementan: Itu Tidak Benar

Surat pemeriksaan itu teregistrasi dengan nomor B/10339/VIII/Res.3.3./2023/Ditreskrimsus yang berisikan pemanggilan terhadap sopir Menteri Pertanian bernama Heri.

Pemerasan oleh pimpinan KPK disebut berkaitan dengan penanganan perkara di Kementerian Pertanian pada tahun 2021. 

Setidaknya, sudah ada enam orang yang diperiksa, termasuk Syahrul Yasin Limpo dan sopir serta ajudannya. Syahrul sendiri sudah tiga kali diperiksa di Polda Metro Jaya.




Sumber : Kompas TV, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x