Kompas TV nasional peristiwa

Marsdya TNI Kusworo Dilantik Jadi Kabasarnas Gantikan Henri Alfiandi

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 13:53 WIB
marsdya-tni-kusworo-dilantik-jadi-kabasarnas-gantikan-henri-alfiandi
Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Ir. Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas), Rabu (04/10/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas), Rabu (04/10/2023). 

Upacara pelantikan ini digelar di Ruang Mataram Gedung Kementerian Perhubungan. Kusworo maju menggantikan Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Menhub Budi Karya mengatakan harapannya agar Kabasarnas yang baru dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Pasalnya, operasi search and rescue (SAR) membutuhkan penanganan yang cepat.

Baca Juga: Update Kasus Korupsi Pengadaan Truk Angkut di Basarnas, KPK Periksa Pegawai dan Sekuriti

“Reputasi kinerja Basarnas selama ini sudah diakui, baik di dalam maupun di luar negeri. Saya percaya, Marsdya TNI Kusworo mampu melaksanakan amanah tersebut sekaligus menjawab tantangan Basarnas ke depan yang semakin kompleks,” kata Menhub Budi.

Marsdya Kusworo yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sesko TNI pun menyatakan siap untuk melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas baru.

“Sebagai prajurit, saya siap melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas,” tegas dia.

Setelah upacara pelantikan selesai, Kusworo bersama sang istri, Ika Handriani Kusworo langsung bertolak ke Kantor Pusat Basarnas untuk mengikuti seremoni passing in, tradisi penyambutan pimpinan baru di Basarnas.

Jenderal bintang tiga lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1988 itu mendapatkan penghormatan dari personel Basarnas Special Group (BSG) dan disambut oleh Sekretaris Utama (Sestama) Abdul Haris Achadi dan sang istri.

Baca Juga: KPK: Kabasarnas Henri Alfiandi Akui Terima Uang Terkait Lelang Proyek

Abdul menyerahkan bendera pataka Basarnas dan mengalungkan untaian bunga kepada Kusworo. Sementara istri Abdul memberikan buket kepada Ika Handriani Kusworo yang akan menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.

Setelah prosesi seremonial selesai, Marsdya Kusworo langsung melakukan briefing di Ruang Serba Guna Dono Indarto Gedung Basarnas bersama seluruh jajaran pegawai yang ada di Kantor Pusat, diikuti pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia secara online.

“Saya bersyukur, mengucapkan terimakasih, sekaligus meminta doa serta dukungan dari semua pihak untuk memimpin Basarnas ke depan agar lebih baik dan lebih baik lagi,” ucapnya.

Baca Juga: Puspom TNI Periksa Sejumlah Saksi Usut Korupsi Kepala Basarnas dan Bawahannya, Ini Nama-namanya

Pria asal Kebumen, Jawa Tengah, ini menjelaskan visinya, yakni mewujudkan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan yang handal dan efektif dalam rangka menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan semangat gotong royong. 

Sedangkan misinya, yang pertama menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan yang efektif, terintegrasi, dan berstandar internasional. 

Kedua, menguatkan sistem penyelenggaraan pencarian dan pertolongan melalui pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia, sarana prasarana dan system komunikasi, pengitegrasian pencarian dan pertolongan, serta penguatan kelembagaan. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x