Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP Ungkap 5 Nama yang Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar: Khofifah, Mahfud, Sandiaga, Siapa Lagi?

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 23:59 WIB
pdip-ungkap-5-nama-yang-berpotensi-jadi-cawapres-ganjar-khofifah-mahfud-sandiaga-siapa-lagi
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, saat menyampaikan targetnya meraih suara dari anak muda Bali di Denpasar, Sabtu (17/6/2023). (Sumber: Ni Putu Putri Muliantari/Antara)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI Perjuangan atau PDIP Djarot Saiful Hidayat mengungkap lima tokoh yang masuk dalam nominasi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Djarot menyebut, setidaknya ada lima nama yang masuk dalam pembahasan ketua umum partai politik (parpol) pendukung Ganjar. 

Seperti diketahui, saat ini Ganjar didukung oleh PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. 

Baca Juga: Puan Soal Bacawapres Ganjar "Siap-Siap", Kandidat Memiliki Kesempatan yang Sama

Mereka adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menko Polhukam Mahfud MD, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Ketua Bappilu DPP PPP Sandiaga Uno, dan Ketua Harian Nasional Partai Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi 

"Ibu Khofifah, Pak Mahfud MD, Pak Sandiaga Uno, Pak Andika Perkasa, Pak TGB itu juga masih menjadi nominasi," kata Djarot di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/10/2023). 

Dia mengatakan tidak lama lagi sosok bakal cawapres Ganjar akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Saat ini, kata dia, PDIP dan parpol-parpol pendukung Ganjar sedang mematangkan pilihan.

"Dan Ibu Mega sudah sampaikan kan ya bahwa pada momentum yang tepat akan disampaikan oleh beliau," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan, bakal cawapres Ganjar sudah ada di kantong Megawati, dan tinggal menunggu waktu untuk diumumkan.

"Sudah dikerucutkan karena pendalaman itu 'kan sudah berlangsung cukup lama," ujar Hasto di sela-sela Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Dijelaskan pula bahwa bakal cawapres sudah lama dipilah-pilah oleh Megawati. Bahkan juga sudah melalui diskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar.

Baca Juga: Soal Bacawapres Ganjar Pranowo, Puan: Yang Masuk List, Mulai Bersiap-siap!

"Tadi 'kan juga bisikan-bisikan, Pak Jokowi juga pembicaraan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, dalam perjalanan ke sini, kemudian dengan Pak Ganjar Pranowo itu 'kan menunjukkan adanya kesepahaman," tambahnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x