Kompas TV nasional humaniora

Gladi Bersih Persiapan HUT Ke-78 TNI, "Presiden" Periksa Pasukan Gunakan Tank

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 09:36 WIB
gladi-bersih-persiapan-hut-ke-78-tni-presiden-periksa-pasukan-gunakan-tank
Suasana gladi bersih upacara HUT Ke-78 TNI dengan tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, di Monas, Selasa (3/10/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV  -  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menghadiri Gladi bersih HUT Ke-78 TNI dengan tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju, di Monas, Jakarta, Selasa (3/9/2023).

Dalam gladi bersih tersebut, juga diperagakan saat inspektur upacara yang mengenakan pita bertuliskan “Presiden” melakukan pemeriksaan pasukan.

Dalam pemeriksaan pasukan tersebut, “Presiden” berkeliling memeriksa pasukan menggunakan kendaraan tank, didampingi oleh “Panglima”.

Tema HUT kali ini mengandung makna TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang terdiri tiga matra darat, laut dan udara akan selalu solid, kokoh dan loyal kepada bangsa dan NKRI.

Baca Juga: Kapolri, Panglima TNI, dan Puan Maharani Berjoget di Catwalk Istana Berbatik

Serta akan terus mengawal demokrasi bersinergi dengan seluruh komponen bangsa Indonesia.

"Tujuannya adalah untuk Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera," sebagaimana tertulis dalam keterangan Puspen TNI, Selasa (3/9/2023), dikutip Tribunnews.com.

Rencananya upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI ini bakal mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista.


 

Kekuatan pasukan upacara parade terdiri dari kelompok panji-Panji, satu brigade gabungan satu Yon POM, satu Yon Wan TNI, dan 1 satu Yon Taruna Akademi TNI.

Baca Juga: Rudal TNI AD Melesat Hancurkan Pesawat Musuh saat Latihan di Lumajang

Selain itu juga melibatkan satu Brigade TNI AD, 1 Brigade TNI AL, 1 Brigade TNI AU, 1 Yon Gabungan Komcad, serta Komduk dan Satsik.

HUT ini rencananya juga melibatkan demo udara 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x