Kompas TV nasional rumah pemilu

Menag Tak Akan Cabut Pernyataannya Soal Jangan Pilih Bakal Capres yang Gunakan Politisasi Agama

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 07:17 WIB
menag-tak-akan-cabut-pernyataannya-soal-jangan-pilih-bakal-capres-yang-gunakan-politisasi-agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebut pemerintah masih kaji usulan Muhammadiyah agar libur Idul Adha ditambah 1 hari pada 28 Juni 2023. (Sumber: Kementerian Agama )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut menegaskan tak akan mencabut pernyataannya ihwal ajakan untuk tidak memilih bakal capres yang punya rekam jejak melakukan politisasi agama saat Pemilu. 

Hal ini menanggapi pernyataan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid yang menyebut akan mendisiplikan Gus Yaqut. 

"Saya enggak akan mencabut pernyataan saya, (soal jangan pilih bakal capres yang pernah gunakan politisasi agama)," kata Gus Yaqut di gedung DPR, Jakarta, Senin (2/10/2023). 

Baca Juga: Respon Muhaimin yang Sebut Buzzer saat Tanggapi Pernyataan Menag Yaqut Cholil Qoumas

Gus Yaqut menilai pernyataannya tidak salah karena politisasi agama tak boleh di pesta demokrasi. Sebab itu akan berbahaya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Ya enggak boleh, setuju nggak kalian soal politisasi? Boleh nggak? Saya tanya boleh nggak politisasi agama? Engga kan, ya jangan," kata dia.

"Agama itu harus menjiwai setiap perilaku kehidupan kita termasuk dalam berpolitik, tetapi jangan gunakan agama untuk berpolitik, itu saja ya masa begini juga kemudian ditertibkan, ya monggo," sambungnya. 

Gus Yaqut mengaku menghormati Gus Jazil sebagai politikus hebat, tetapi dia tidak akan mencabut omongannya. 

Termasuk, kata dia, ajakan agar masyarakat melihat rekam jejak bakal capres.

"Untuk satu hal itu, ya untuk apa mencabut omongan saya yang menyarankan kepada publik agar melihat track record calon pemimpin agar jangan hanya terpesona dengan janji-janji dengan mulut  manis,  mencabut itu saya nggak mau," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid atau Gus Jazil mengatakan pihaknya bakal mengambil langkah-langkah pendisiplinan terhadap Gus Yaqut atas pernyataan yang dinilai menyindir calon presiden usungan PKB, Anies Baswedan. 

Menurut Gus Jazil, pernyataan Gus Yaqut tak pantas, apalagi sebagai menteri.


 

"Kalau posisinya sebagai menteri, ya presiden lah yang mengevaluasi. Kalau sebagai kader PKB, kami tentu sudah menyiapkan langkah-langkah pendisiplinan. Jadi, dan publik tentu juga akan memberikan penilaian," ujar Gus Jazil kepada wartawan, Senin (2/10/2023).

Baca Juga: Menag Yaqut Sebut Pilih Amin Bidah, Cak Imin: Enggak Ada Substansinya, Tak Perlu Ditanggapi

Menurut Gus Jazil, pernyataan Gus Yaqut tentang pemimpin bermulut manis layaknya seorang pendengung (buzzers) di media sosial.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x