Kompas TV nasional peristiwa

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Whoosh Diresmikan Besok 2 Oktober, Berapa Tarifnya?

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 18:28 WIB
kereta-cepat-jakarta-bandung-whoosh-diresmikan-besok-2-oktober-berapa-tarifnya
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diresmikan besok, Senin (2/10/2023). (Sumber: KCIC)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang kini bernama Whoosh akan diresmikan besok, Senin (2/10/2023). 

Luhut mengatakan tarif berbayar Kereta Cepat Jakarta-Bandung belum diberlakukan alias masih gratis saat peresmian besok. Dia menjelaskan, pihaknya belum dapat memastikan tarif kereta Whoosh.

“Presiden besok itu akan meresmikan kereta api cepat, tapi saya kira belum akan bayar karena butuh beberapa waktu lagi, biar rakyat menikmati lah,” ujar Luhut di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga: Rute Kereta Cepat Bakal Dibangun hingga Surabaya via Jogja-Solo, Menhub: Jakarta-Surabaya 4 Jam

Luhut juga belum bisa memastikan sampai kapan tarif gratis ini akan berlaku. Dia hanya menegaskan, pada awal operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung, pemerintah akan memberikan promo, seperti diskon hingga tiket gratis.

“Presiden itu intinya ingin menyenangkan rakyat selama yang dibisa. Kita sedang membuat itu tadi, perintah untuk moda transportasi yang terintegrasi,” jelas Luhut.

Ditanya soal tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dia juga mengaku belum mengetahui. 

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung berkisar antara Rp250.000 dan Rp300.000 untuk sekali perjalanan.

Penetapan tarif sendiri merupakan kewenangan korporasi yang mengelola Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yakni PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Tarif yang diberlakukan nantinya akan bergantung pada jenis kelasnya. Diketahui, ada tiga jenis kelas, yakni kelas VIP (18 penumpang), kelas 1 (28 penumpang), dan kelas 2 (555 penumpang).

“Sebenarnya kereta cepat itu kan komersial. Kewenangan dari korporasi untuk menetapkan harga. Tapi tentunya mereka melihat commercial price dengan daya beli, dua ini yang menjadi hal yang mereka pertimbangkan,” jelas Budi.

Baca Juga: Peresmian Kereta Cepat Whoosh 2 Oktober, Luhut: Launching akan Dilakukan Bersama Presiden Xi Jinping

Jelang peresmian kereta cepat, Kementerian Perhubungan juga telah menerbitkan izin operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung pada Selasa (26/9/2023) lalu.

Izin tersebut diberikan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023. Dengan adanya izin ini, KA Cepat Whoosh dinyatakan sudah memenuhi aspek kelaikan operasional kereta cepat.


 




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x