Kompas TV nasional humaniora

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Jamin Pergeseran Warga Rempang Aman Berkelanjutan

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 07:26 WIB
menko-perekonomian-airlangga-hartarto-jamin-pergeseran-warga-rempang-aman-berkelanjutan
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat bertemu sejumlah warga di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (29/9/2023). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjamin pergeseran tempat tinggal warga Pulau Rempang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) aman dan berkelanjutan.

"Saya mendengar bahwa seluruh masyarakat bertanya kepastian. Dan saya jamin, kami sudah rapat dan sudah melapor ke Presiden," kata Airlangga, Sabtu (30/9/2023).

Ia menyebut, pemerintah akan menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk menjamin janji pergeseran lokasi infrastruktur bagi warga tersebut.

"Kami akan siapkan Perpres, disiapkan Peraturan Presiden, sehingga ini akan aman dan berkelanjutan,” jelasnya.

Airlangga juga mengungkapkan dua arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pergeseran tempat tinggal masyarakat Rempang.

Baca Juga: Nelayan Rempang Khawatir Dampak Lingungan Industri Kaca, Tim Penyusun AMDAL Akui Ada Dampak Negatif

"Arahan Presiden yang pertama tentu untuk kepentingan rakyat dan adil bagi rakyat. Dan kedua agar masyarakat di sini nanti juga memperoleh sertifikat hak milik, terutama di daerah sini yang saat ini tinggal di sini juga nanti akan diberikan haknya," ujarnya.

Ia mengunjungi Desa Tanjung Banon yang terletak di bagian selatan Pulau Rempang, Jumat (29/9/2023) untuk memberikan kepastian terkait pergeseran pembangunan perumahan rakyat tersebut.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin memberikan jaminan, bahwa Pemerintah akan menjamin apa yang kemarin sudah dijanjikan, akan direalisasikan,” kata Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu.

Pembangunan infrastruktur bagi warga Rempang, kata dia, juga akan dilakukan dengan memperhatikan kepentingan terkait mata pencaharian sehari-hari bagi masyarakat yang terutama menjadi nelayan dan petani ladang.

Ia mengatakan, kunjungan tersebut juga ia lakukan untuk melihat langsung kesiapan dan daya dukung perluasan wilayah lokasi yang diusulkan bagi masyarakat yang terdampak dalam pengembangan kawasan Rempang Eco City.

Baca Juga: Menteri Bahlil Pastikan Warga Rempang Dapat Uang Tunggu hingga Biaya Hidup Selama Geser Kampung

Saat mengunjungi Pulau Rempang, Airlangga mengaku disambut oleh masyarakat dan tokoh adat serta tokoh agama di Masjid Al Ikhsan Tanjung Banon. 

Saat mengikuti dialog dengan Airlangga, tokoh masyarakat Tanjung Banon bernama Gerisman Ahmad berharap bahwa pembangunan di Pulau Rempang dilanjutkan dengan tetap memperhatikan hak-hak masyarakat Melayu.

“Tentang ada pembangunan di Pulau Rempang, pada intinya seluruh kami sangat mendukung dengan pembangunan di Pulau Rempang, apakah itu dilakukan oleh Pemerintah, BUMN maupun swasta. Apalagi sudah menjadi Proyek Strategis Nasional," ungkapnya.

"Di sisi lain juga, saya berharap ke Menteri sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, marwah kami orang Melayu juga diperhatikan,” ujar Gerisman, dilansir dari Antara.


 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x