Kompas TV nasional politik

Kaesang Jadi Ketum PSI, Hasto Yakin Tak Akan Gerus Suara PDIP

Kompas.tv - 29 September 2023, 14:19 WIB
kaesang-jadi-ketum-psi-hasto-yakin-tak-akan-gerus-suara-pdip
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan atau PDIP Hasto Kristiyanto meyakini penetapan Kaesang Pangarep menjadi ketua umum (ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tak akan menggerus suara PDIP di Pileg 2024. 

Menurut dia, hubungan PDIP dengan keluarga dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah terbangun baik, sehingga kehadiran Kaesang akan memperkuat hubungan partainya dengan PSI.

"Kita ini saling memperkuat, jadi Mba Puan (Puan Maharani) sudah menyampaikan komentarnya yang sangat baik, jadi semua saling memperkuat," kata Hasto kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Luhut soal Kaesang Jadi Ketum PSI: Jangan Kita Berburuk Sangka, Biarkan Saja Anak Muda

Hasto mengatakan PDIP dan keluarga Presiden Jokowi mempunyai cita-cita yang sama, yakni membangun Indonesia menjadi lebih baik. 

"Karena antara PDI Perjuangan dan Pak Jokowi dengan keluarga itu punya suatu emotional bonding, punya cita-cita kebersamaan untuk membangun Indonesia," kata dia.

Terlebih, kata Hasto, PDIP dan PSI serta Gerindra, Golkar, PPP, PKB, PAN dan Hanura merupakan partai pendukung Jokowi di Pemilu 2019 lalu. 

Dia mengaku, partai-partai tersebut saling mengisi untuk mendukung pemerintahan Jokowi menciptakan legacy tertinggi bagi bangsa dan negara ini.

"Kita semua ini kan, PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, PPP, kemudian Hanura, kemudian PSI, ada PAN, itu kan pendukung Pak Jokowi di Pemilu 2019, komitmen ini terus kami jalankan agar Presiden Jokowi terus mencetak legacy yang tertinggi sehingga Pak Ganjar Pranowo ketika melanjutkan kepemimpinan itu, bisa bergerak cepat," katanya.

Seperti diketahui, putra bungsu Jokowi, Kaesang, akhirnya resmi ditetapkan sebagai Ketum PSI.

Pengumuman Kaesang menjadi Ketum PSI dilakukan dalam acara Kopdarnas PSI yang digelar di The Ballroom, Djakarta Theatre, Jakarta, Senin (25/9/2023).

"Mari kita sambut ketua baru kita, Kaesang Pangarep," ucap kader PSI sekaligus Stafsus Kepresidenan RI, Faldo Maldini.

Setelah namanya dipanggil, Kaesang bersama istrinya, Erina Gudono, kemudian naik ke atas panggung.


Selanjutnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie membacakan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Kaesang sebagai ketua umum.

Baca Juga: Giliran Kaesang yang Diajak Prabowo Main ke Hambalang Bogor, Jokowi dan Gibran sudah

"Memutuskan, menetapkan, pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum DPP PSI periode 2023-2028. Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkannya dan dapat ditinjau dengan AD/ART PSI. Tertanda Ketua Dewan Pembina, Jeffrie Giovani dan Sekretaris Dewan Pembina, Raja Juli Antoni," ucap Grace.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x