Kompas TV nasional politik

Jubir Prabowo Ingatkan Cak Imin: Food Estate Belum Selesai, Bukan Gagal

Kompas.tv - 28 September 2023, 13:13 WIB
jubir-prabowo-ingatkan-cak-imin-food-estate-belum-selesai-bukan-gagal
Juru Bicara Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak (Sumber: Dok Kemenhan RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (Jubir) Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah pernyataan dari Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menyatakan program food estate atau lumbung pangan nasional sebagai proyek gagal. 

Ia mengingatkan kepada Cak Imin kalau proyek tersebut belum selesai, sehingga tak bisa dikatakan gagal. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sudah menjelaskan kalau program tersebut masih berproses.

"Belum selesai bukan berarti gagal, seperti disampaikan Presiden semuanya sedang dalam proses dan terus diperbaiki," kata Dahnil kepada wartawan, Kamis (28/9/2023).

"Masa bangun rumah yang sedang dalam proses, karena belum selesai disebut gagal," ujarnya.

Baca Juga: Harga Bahan Pokok Masih Mahal, Cak Imin Sebut Proyek Food Estate Terbukti Gagal

Ia mengaku akan menjelaskan langsung ke Cak Imin agar yang bersangkutan bisa mendapatkan info yang sebenarnya. 

"Mungkin Gus Imin belum dapat info yang lengkap terkait prosesnya, nanti saya langsung jelaskan ke beliau saja," kata Dahnil.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan proyek food estate atau lumbung pangan nasional yang digagas oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan kementerian lainnya telah terbukti gagal. 

Hal ini menanggapi pertanyaan ihwal fenomena kenaikan harga bahan pokok yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. 

Cak Imin meminta proyek tersebut tidak dilanjutkan dan diganti dengan memanfaatkan lahan milik petani untuk menciptakan sumber pangan nasional. 

"Food estate terbukti gagal. Maka jalan cepat yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tanah-tanah pertanian punya rakyat, diorganisir dengan manajemen bisnis raksasa pangan nasional," kata Cak Imin di Jakarta, Rabu (27/9/2023).

"Maka pemilik tanah-tanah kecil bisa digabungkan dalam satu koordinasi seperti pengelolaan perusahaan dan pemerintah yang memimpin," ucapnya. 

Menurut dia, bila pemerintah tak juga menyelesaikan masalah pangan di musim panas ini dikhawatirkan bakal mengganggu stok pangan nasional dan bisa menimbulkan krisis berkepanjangan. 

Baca Juga: Apa Alasan PDIP Kritik Lagi Program Food Estate Jokowi? Ini Kata Pengamat Politik

"Kalau enggak, kita impor terus dan berbahaya dan negara-negara produsen pun satu titik tertentu akibat el Nino, krisis pangan global akan tidak mengekspor barang ke kita. Kalau kita tidak bisa impor, kita makan dari mana? Kecuali kita berswasembada," ujar Cak Imin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x