Kompas TV nasional peristiwa

BMKG: Beberapa Kota Besar di Indonesia Akan Alami Cuaca Cerah, Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi

Kompas.tv - 28 September 2023, 08:39 WIB
bmkg-beberapa-kota-besar-di-indonesia-akan-alami-cuaca-cerah-gelombang-tinggi-berpotensi-terjadi
Cuaca hari ini, cerah berawan. (Sumber: Freepik)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa kota besar di Indonesia akan menikmati langit yang cerah hari ini Kamis (28/9/2023).

Kota-kota seperti Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Gorontalo, dan beberapa kota besar lainnya diprediksi akan diselimuti cuaca yang cerah saat siang hari.

Namun, ada beberapa kota lain seperti Banda Aceh, Denpasar, dan Serang yang diperkirakan akan mendapatkan cuaca cerah berawan hingga berawan saja.

Terdapat juga beberapa daerah, termasuk Pontianak, Manokwari, dan Medan yang diperkirakan akan mengalami hujan ringan di siang hari.

Baca Juga: BMKG Ungkap Musim Hujan di Sebagian Besar Wilayah Indonesia Datang Lebih Lambat

Namun, tidak hanya cuaca cerah, BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah pesisir untuk selalu waspada. Hal ini dikarenakan adanya potensi gelombang setinggi empat meter yang bisa terjadi di beberapa wilayah perairan pada tanggal 27 hingga 28 September 2023.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo menyatakan pentingnya bagi masyarakat di daerah pesisir untuk selalu berhati-hati.

Menurutnya, pola angin di bagian utara Indonesia umumnya bertiup dari arah tenggara ke barat daya dengan kecepatan angin antara 8 hingga 25 knot.

Sedangkan untuk bagian selatan, anginnya bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan yang sama.

Baca Juga: BMKG Ungkap Prakiraan Awal Musim Hujan di Indonesia Mulai September 2023, Bertahap hingga 2024

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Eko dikutip dari Antara, Kamis.

Adapun kecepatan angin yang paling kencang tercatat di beberapa perairan seperti Selat Sunda bagian selatan, Selat Karimata, hingga perairan Bitung-Kep. Sitaro.

Gelombang dengan ketinggian antara 2,5 hingga 4 meter diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah perairan seperti di utara Sabang, perairan sekitar Kepulauan Mentawai hingga barat Lampung, dan juga di Samudera Hindia di sebelah barat Kepulauan Nias hingga Lampung.

Baca Juga: Viral Benda Asing Terbang Cepat Melewati Langit Yogyakarta, BMKG Angkat Bicara

Area perairan selatan dari Banten hingga Jawa Timur, serta perairan selatan Bali hingga Pulau Sumba juga perlu mewaspadai potensi gelombang tinggi ini.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal atau beraktivitas di daerah pesisir, selalu patuhi arahan dari BMKG dan tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi ini untuk memastikan keselamatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x