Kompas TV nasional hukum

Dipimpin Komjen Fadil Imran, Polri Kerahkan 434.197 Personel untuk Amankan Pemilu 2024

Kompas.tv - 27 September 2023, 19:39 WIB
dipimpin-komjen-fadil-imran-polri-kerahkan-434-197-personel-untuk-amankan-pemilu-2024
Komjen Fadil Imran (tengah) di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (14/6/2023). Operasi Mantap Brata 2023-2024 untuk pengamanan Pemilu Serentak 2024 dipimpin oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komjen Fadil Imran sebagai kepala operasi satgasus. (Sumber: Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepolisian Republik Indonesia atau Polri mengerahkan sebanyak 434.197 personel dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024. 

Kadiv Humas Polri Irjen Shandi Nugroho mengatakan pengerahan ratusan ribu personel kepolisian tersebut  dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilu Serentak 2024.

"Pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri menurunkan personel sebanyak 434.197 personel,” katanya di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Gedung Tribrata, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: Seorang Pegawai KPK Ternyata Pernah Bekerja di Perusahaan Milik Rafael Alun, Pegang Jabatan Penting

“Itu baik yang berada dalam satuan tugas Mabes Polri maupun yang ada di satgasda di daerah atau polda masing-masing.”

Shandi menjelaskan, Operasi Mantap Brata 2023-2024 dipimpin oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Komjen Fadil Imran sebagai kepala operasi satgasus dan Dankor Brimob Komjen Pol Anang Revandoko sebagai wakil kepala operasi satgasus.

"Untuk satgas daerah, dipimpin oleh kapolda dan jajarannya," ujar Sandi.

Menurut Shandi, pola Operasi Mantap Brata 2023-2024 mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Tentunya, dengan didukung kegiatan penegakan hukum, humas, dan bantuan operasi.

Dengan demikian, diharapkan dapat terwujud situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk mengecek kesiapan Polri dalam pengamanan Pemilu 2024, lanjut Shandi, Polri melaksanakan Rakor Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024.

Baca Juga: Cegah Konflik Kepentingan, Mabes Polri Diminta Ambil Alih Kasus Tewasnya Brigadir Setyo Herlambang

Rakor tersebut turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, perwakilan TNI.


Dalam rakor tersebut, Mahfud MD selaku Ketua Kompolnas, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan Tito Karnavian memberikan arahan bagi jajaran Polri.

"Rakor bertujuan mengecek kesiapan Polri dalam rangka pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, lancar, tertib pada pelaksanaan pemilu atau pun setiap pelaksanaan tahapan nantinya bisa berjalan sesuai dengan harapan, berjalan dengan damai, jujur, adil, dan transparan," ujar Sandi.

Rakor Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 diikuti peserta dari seluruh kapolda, karorena, karoops, intel wilayah, dan pejabat utama Mabes Polri.

Baca Juga: Polisi Sebut Siswi SD Tewas karena Loncat dari Lantai 4 Sekolah, Ditemukan Kursi untuk Memanjat

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.