Kompas TV nasional politik

Diajak Puan Gabung Dukung Ganjar, Kaesang Punya Syarat Kerja Sama

Kompas.tv - 27 September 2023, 13:06 WIB
diajak-puan-gabung-dukung-ganjar-kaesang-punya-syarat-kerja-sama
Kaesang Pangarep saat memberikan pidatonya usai resmi dilantik sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Senin (25/9/2023). (Sumber: YouTube PSI)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDI-P) Puan Maharani mengajak Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep untuk bergabung dengan PDI-P memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Ajakan Puan tersebut disambut positif oleh Kaesang. Namun Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini punya syarat tersendiri dalam membangun kerja sama atau koalisi dengan partai politik di Pilpres 2024 mendatang. 

Syarat yang ditetapkan Kaesang bukan soal kader kader PSI jadi cawapres, tapi kerja sama antar partai politik dengan PSI harus saling menguntungkan. Bukan satu pihak saja yang diuntungkan.

Kaesang menyatakan, PSI terbuka membuka kerja sama dengan partai manapun. Pihaknya juga akan siap berkolaborasi untuk keuntungan bersama dalam koalisi atau kerja sama. 

"Kita siap berkolaborasi asal saling win-win. Tidak ada win-lose atau lose-win dan kita bisa bersinergi bersama. Intinya itu saja," ujar Kaesang di DPP PSI, Selasa (27/9/2023).

Baca Juga: PKB: Kaesang Jadi Ketum PSI Ubah Konstelasi Politik, Tanda Bidak Catur Jokowi Makin Intensif

Lebih lanjut Kaesang juga telah menekankan agar PSI di Pilpres 2024 mengusung politik yang santuy. 

Sebelumnya Ketua DPP PDI-P Puan Maharani memberikan ucapan selamat kepada Kaesang Pengarep yang dipilih menjadi ketua umum PSI.

Puan juga mengajak Kaesang bergabung bersama PDI-P, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Puan menjelaskan PDI-P selalu terbuka kepada partai politik lain dalam membangun kerja sama dan tetap menghormati apa pun keputusan setiap partai politik dalam Pilpres 2024 meski pada akhirnya tak jadi bekerja sama politik.

"Jadi, kemudian, ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan aja yuk," ujar Puan, Selasa (26/9).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x