Kompas TV nasional peristiwa

Kendaraan Polisi Juga Ikut Uji Emisi Massal di Jakpus, Sanksi Tilang Jadi Opsi Terakhir

Kompas.tv - 27 September 2023, 12:41 WIB
kendaraan-polisi-juga-ikut-uji-emisi-massal-di-jakpus-sanksi-tilang-jadi-opsi-terakhir
Jajaran kepolisian turut mengikuti uji emisi gratis yang diselenggarakan Polda Metro Jaya di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat hari ini Rabu (27/9/2023). (Sumber: Kompas TV/Harko Sutiono)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dirlantas Polda Metro Jaya menggelar uji emisi gratis di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, pada pagi tadi, Rabu (27/9/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Zebra Jaya 2023 yang diadakan bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup untuk menekan polusi udara yang menjadi masalah serius di Jakarta.

Tidak hanya kendaraan umum, bahkan kendaraan dinas dari Polda Metro Jaya ikut ambil bagian dalam uji emisi ini.

Baca Juga: Lokasi dan Jadwal Uji Emisi Gratis di Jakpus dari Polda Metro Jaya, Ditunggu sampai Pukul 13.00 WIB

Apa yang diharapkan adalah pengurangan emisi gas buang dari kendaraan-kendaraan di jalan raya, yang secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas udara di kota ini.

Sebagaimana dilaporkan tim liputan KompasTV, animo masyarakat yang tinggi menyebabkan antrean panjang terlihat sepanjang area uji emisi.

Kendaraan pribadi, roda dua, roda empat, hingga kendaraan taktis, semuanya ikut serta dalam upaya ini. Sebanyak 600 kendaraan telah mendaftar untuk menjalani uji emisi pada hari ini.

Baca Juga: Kurangi Polusi Udara, Anggota DPRD Minta Pemprov DKI Gencarkan Uji Emisi Kendaraan

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menegaskan bahwa edukasi kepada masyarakat tetap menjadi prioritas, sanksi tilang hanya akan menjadi opsi terakhir.

"Tindakan yang bentuknya tilang yang paling terakhir. Sehingga kami juga sudah bekerja sama dengan beberapa bengkel di Jakarta untuk melakukan uji emisi gratis kepada yang membutuhkan," jelas Kombes Latif.


 

Berbagai langkah telah diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta, termasuk penyemprotan jalan, uji emisi gratis, dan bahkan modifikasi cuaca.

Baca Juga: Rencana Tarif Parkir Tertinggi di 131 Titik Jakarta untuk Kendaraan Tak Lulus Uji Emisi

Uji emisi gratis ini dilakukan sebagai hasil kolaborasi antara Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, dan Astra untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Melalui uji emisi, pengendara dapat mengetahui efisiensi mesin kendaraan mereka, termasuk seberapa baik proses pembakaran di dalam mesin berlangsung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x