Kompas TV nasional rumah pemilu

Jadi Ketua Umum PSI, Puan Ajak Kaesang Gabung ke PDIP Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Kompas.tv - 26 September 2023, 22:22 WIB
jadi-ketua-umum-psi-puan-ajak-kaesang-gabung-ke-pdip-dukung-ganjar-di-pilpres-2024
Kaesang Pangarep menunjukkan salam saranghae sebelum akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). (Sumber: YouTube)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih belum menentukan sikap terkait dukungannya di Pilpres 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyatakan PDIP membuka pintu bagi PSI untuk bekerja sama memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Saya selalu mengatakan PDIP selalu terbuka. Kami akan selalu bersilaturahmi, namun memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam, merangkul, kemudian memenangkan capresnya," ujar Puan seusai menghadiri Rakernas Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Selasa (26/9/2023).

"Jadi kemudian, ayo Mas Kaesang, ikut PDIP aja, yuk," sambung Puan.

Baca Juga: Saat Kaesang Protes Nama Anies Baswedan Tak Disebut Kala Ditanya Soal Bacapres

Puan juga menyampaikan selamat kepada Kaesang yang diberi kesempatan untuk memimpin PSI. Menurutnya, kesempatan tersebut jangan disia-siakan dan dijalankan dengan penuh amanah. 

"Semoga amanah dan bisa bekerja dengan baik sebagai ketua umum. Selamat ya, Mas Kaesang," ujar Puan. 

Sebelumnya, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyatakan belum menentukan langkah PSI di Pilpres 2024.

Kaesang juga sempat merasa terganggu saat PSI disebut hanya punya dua pilihan, yakni bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) mendukung Prabowo atau ikut bersama PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo memenangkan Ganjar Pranowo.

Menurut Kaesang, PSI juga bisa bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang akan mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres-cawapres 2024.

Baca Juga: Kata Jokowi soal Kaesang Jadi Ketum PSI: Pasti Sudah Dihitung Baik Buruknya

Namun, Kaesang berharap aspirasi dari DPP, DPD, DPW hingga kader PSI sejalan dengan dirinya bahwa bakal capres yang didukung PSI bisa melanjutkan kinerja Jokowi.

Sejauh ini, Kaesang menyebut dirinya memiliki hubungan dekat dengan Ganjar dan Prabowo.

"Nanti balik lagi kita akan lihat aspirasi-aspirasi dari DPD, DPW, mengarahnya ke mana," ujar Kaesang di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023) malam.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x