Kompas TV nasional politik

PSI Kopdarnas Hari Ini, Bahas Aspirasi Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum

Kompas.tv - 25 September 2023, 08:12 WIB
psi-kopdarnas-hari-ini-bahas-aspirasi-kaesang-pangarep-jadi-ketua-umum
Putra Bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep menerima kartu tanda anggota (KTA) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari Giring Ganesha, Sabtu (23/9/2023). Hari ini PSI gelar Kopdarnas, disebut bakal bahas aspirasi kader-kader agar Kaesang Pangarep menjadi ketua umum partai. (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Solidaritas Indonesia dijadwalkan menggelar Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Jakarta, pada hari ini, Senin (25/9/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekje) PSI Isyana Bagoes Oka menyebut Kopdarnas akan mengumpulkan pengurus PSI se-Indonesia.

Dalam acara tersebut, PSI bakal membahas terkait aspirasi yang muncul dari kader, salah satunya terkait usulan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, agar menduduki posisi ketua umum (ketum).

Isyana menyebut usai gabungnya Kesang ke PSI, banyak aspirasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PSI agar Kaesang menduduki posisi sebagai ketua umum.

”Usulan-usulan itu (Kaesang agar jadi ketua umum) akan kami bicarakan dan diskusikan secara intensif di Kopdarnas itu. Kita tunggu saja apa rekomendasi dari kawan-kawan se-Indonesia,” kata Isyana, Minggu (24/9/2023).

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI Sigit Widodo mengaku belum mendengar informasi mengenai agenda pergantian ketua umum dalam Kopdarnas hari ini.

Meski demikian, ia tak menampik jika kehadiran Kaesang berpotensi memberikan suara yang signifikan untuk PSI.

Sebab itu, ia tak menutup kemungkinan jika nantinya adik Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming ini bakal mendapatkan posisi strategis di partainya. 

”Dengan sendirinya pasti akan menempati posisi yang strategis,” ujar Sigit.

Baca Juga: Begini Kata Pengamat Politik soal Kaesang Diisukan Jadi Ketua Umum PSI

Terlebih, ia menilai Kaesang sebagai sosok pemuda dengan potensi yang sangat besar, dan memiliki rekam jejak yang bagus.

Kata dia, di antaranya, Kaesang terbukti sukses mengelola banyak perusahaan start up dan mampu menaikkan klub sepak bola Persis Solo ke Liga 1. 

”Bisa masuk di jajaran kepengurusan, maju di pemilihan kepala daerah, atau apa pun peluang yang nanti bisa diraih Bro Kaesang di PSI. Semuanya masih terbuka,” ujar Sigit, dikutip dari Harian Kompas.

Berdasarkan informasi yang diterima, Kopdarnas PSI akan digelar di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada pukul 18.30 WIB.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep telah resmi memilih bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI).


Peresmian Kaesang bergabung menjadi anggota PSI dilakukan dengan penyerahan Kartu Tanda Anggota (KTA) oleh Ketua Umum PSI Giring Ganesha, Sabtu (23/9/2023).

Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka menjelaskan usai bergabung, jabatan Kaesang di PSI saat ini sebagai anggota biasa bukan diberikan tempat di jajaran pengurus DPP PSI.

"Statusnya anggota PSI," ujar Isyana, Sabtu (23/9). 

Baca Juga: Deretan Pernyataan Kaesang Pangarep Gabung dengan PSI, Akui Sudah Minta Restu Jokowi dan Gibran




Sumber : Kompas TV/Harian Kompas.


BERITA LAINNYA



Close Ads x