Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Buka Pembangunan Pusat Latihan Timnas Indonesia di IKN: Ada 8 Lapangan hingga Asrama

Kompas.tv - 22 September 2023, 11:40 WIB
jokowi-buka-pembangunan-pusat-latihan-timnas-indonesia-di-ikn-ada-8-lapangan-hingga-asrama
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri acara groundbreaking pembangunan National Training Center atau Pusat Pelatihan Tim Nasional (timnas) sepak bola Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan groundbreaking pembangunan National Training Center atau Pusat Pelatihan Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (22/9/2023).

Dalam sambutannya, Kepala Negara menyebut National Training Center IKN dibangun di atas lahan 34,5 hektare.

National Training Center yang terintegrasi dengan pembangunan IKN ini dilengkapi delapan lapangan dan didukung beberapa fasilitas tambahan, seperti asrama pemain.

"Pusat latiahan yang dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare yang didalamnya akan ada delapan lapangan sepak bola, dan fasilitas pendukung lainnya," kata Jokowi.

"Pusat pelatihan ini akan juga dilengkapi dengan asrama," sambungnya.

Ia juga menyebut, pusat pelatihan timnas tersebut berada di lingkungan sangat indah, dan diharapkan dapat semakin membuat para pemain betah saat menjalani latihan.

"Dan jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta. Pagi latihan, malamnya enggak latihan kalau di Jakarta. Kalau di sini endak, kalau malam tetap latihan," katanya melanjutkan.

Kepala Negara lantas menjelaskan, National Training Center di IKN nantinya tidak hanya digunakan sebagai pusat pelatihan. Tetapi juga untuk pengembangan inovasi sepak bola Indonesia.

Baca Juga: Momen Jokowi Ditemani Sri Mulyani Hingga Pak Bas Berkemah dan Sarapan di IKN

"Dan memfasilitasi research serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola," ujar Jokowi.

Lebih lanjut, eks gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pembangunan fasilitas olahraga ini didanai pemerintah dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Di mana pemerintah mengucurkan Rp95 miliar dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN), sementara FIFA mengucurkan sebesar Rp85,6 miliar kepada PSSI.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara," ujar Jokowi.

"Dan juga dukungan dari pemerintah, ini kalau enggak kita sebut, dipikir kita enggak memberi dukungan kepada PSSI. Dukungan pemerintah juga tidak kecil, yaitu sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui oleh Menkeu, nanti kalau kurang ditambahi lagi," sambungnya.

"Sehingga barang ini, National Training Center untuk sepak bola ini segera bisa diselesaikan," ujarnya lagi.

Baca Juga: Jokowi Pasang Modul Pertama Garuda, Ikon Bangunan Kantor Presiden di IKN


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x