Kompas TV nasional peristiwa

Training Center PSSI Segera Dibangun di IKN, Jokowi: Percaya Saya, Timnas Indonesia akan Rajai Asia

Kompas.tv - 21 September 2023, 20:56 WIB
training-center-pssi-segera-dibangun-di-ikn-jokowi-percaya-saya-timnas-indonesia-akan-rajai-asia
Presiden Jokowi saat groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Kamis (21/9/2023). Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pemerintah akan segera membangun pusat pelatihan atau training center Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di IKN Nusantara. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut pemerintah akan segera membangun pusat pelatihan atau training center Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Negara pun meyakini, dengan adanya pusat pelatihan tersebut akan melonjakkan capaian tim nasional sepak bola Indonesia pada lima hingga sepuluh tahun mendatang. Jokowi percaya Timnas Indonesia akan merajai setidaknya di Asia Tenggara.

Pasalnya, menurutnya, sepak bola Indonesia mandek salah satunya karena faktor PSSI yang belum memiliki training center sendiri.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi saat acara groundbreaking Hotel Nusnatara di Penajam Paser Utara, Kamis (21/9/2023).

"Ada training center-nya PSSI, juga akan kita groundbreaking. Dan selama ini kita tidak memiliki training camp untuk sepak bola. Bagaimana sepak bola kita akan menang, training camp aja tidak punya," kata Jokowi.

"Nanti begitu ini kita punya 6 atau 8 lapangan bola di sini, training camp kita, lihat nanti 5 sampai 10 tahun akan datang, akan jadi apa timnas kita. Dilihat, percaya saya, akan merajai kita minimal di Asia, atau minimal lagi di Asia Tenggara," sambungnya.


Baca Juga: Banyak Investor Asing Tertarik Investasi di IKN, Jokowi: Jangan Sana Dulu, Dalam Negeri Didahulukan

Di sisi lain, eks Gubernur DKI Jakarta ini tak menampik jika kualitas sepak bola Indonesia belakangan ini telah mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari keberhasilan skuad Garuda memenangkan SEA Games 2023 lalu.

Namun, Jokowi kembali meyakini, prestasi Indonesia akan lebih melejit usai adanya fasilitas yang memadai seperti training center.

"Sekarang sudah mulai menang, menang terus. Kita di Asian Games juara," ujarnya.

"Hati-hati, begitu punya training camp sepak bola, saya meyakini kita akan bisa menaikkan level timnas kita ke tingkat yang lebih tinggi," tegas Jokowi.

Adapun, kata Jokowi, training center di kawasan IKN tersebut pendanaannya didukung oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Jokowi mengeklaim, hal itu sekaligus membuktikan kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN.

Baca Juga: Sebut akan Dahulukan Investor Dalam Negeri di IKN, Jokowi: Terima Kasih Pak Aguan

 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.