Kompas TV nasional politik

Prabowo Subianto akan Orasi di Rapimnas Partai Demokrat Hari Ini

Kompas.tv - 21 September 2023, 10:44 WIB
prabowo-subianto-akan-orasi-di-rapimnas-partai-demokrat-hari-ini
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat memberi sambutan di acara deklarasi dukungan dari Partai Gelora, Sabtu (2/9/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Deputi Badan Pemenangan Pemilu (BAPPILU) DPP Partai Demokrat 2020-2025 Kamhar Lakumani sebut bakal calon Presiden Prabowo Subianto akan berorasi di Rapimnas Demokrat hari ini.

Hal tersebut diungkap Kamhar Lakumani lewat pesan singkat saat dikonfirmasi KOMPAS TV perihal acara Rapimnas Partai Demokrat, Kamis (21/9/2023).

“Pak Prabowo akan menyampaikan orasi (di Rampinas Partai Demokrat -red),” kata Kamhar.

Selain Prabowo Subianto, Kamhar menuturkan petinggi-petinggi partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju juga diundang untuk hadir di Rapimnas.

Untuk diketahui, Prabowo Subianto maju untuk keempat kalinya sebagai capres di Pilpres 2024 didukung oleh 6 parpol, yakni Partai Gerindra, Golkar, Partai Demokrat, PAN, Partai Gelora, Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Namun PSI belum secara resmi menyatakan dukungan.

Baca Juga: Erick Thohir soal Karen Agustiawan Ditetapkan Tersangka KPK: Saya Tidak Mau Diskreditkan Siapa pun

“Partai-partai yang tergabung di KIM (Koalisi Indonesia Maju) juga akan diundang,” ungkap Kamhar.

Kamhar menambahkan, dalam Rapimnas nanti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat juga akan menyampaikan hasil rapat Majelis Tinggi Partai (MPT). Sekaligus, sambung Kamhar, mendeklarasikan dukungan secara resmi Partai Demokrat untuk Prabowo Subianto maju menjadi capres di Pilpres 2024.

“Pada Rapimnas Mas Ketum AHY akan menyampaikan hasil rapat MTP dan sekaligus memimpin deklarasi dukungan untuk Pak Prabowo sebagai Capres yang diusung Partai Demokrat,” ucap Kamhar.

Sebelumnya pekan lalu, Partai Demokrat sudah menunjukkan arah koalisi dan dukungannya untuk Prabowo Subianto.

Partai Demokrat bergabung ke Koalisi Indonesia Maju setelah kecewa dengan Anies Baswedan dan Partai NasDem yang tiba-tiba menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres.

Baca Juga: Pengakuan Erick Thohir Terbebani Hasil Survei Ada di Urutan Pertama Cawapres Prabowo Subianto

Pilihan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju juga dilakukan Partai Demokrat setelah sempat menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan yang mengusung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.


Namun, AHY yang disebut-sebut menjadi bagian dari kandidat cawapres untuk Ganjar Pranowo tetap berlabuh ke Koalisi Indonesia Maju mendukung Prabowo Subianto.

Bahkan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan tokoh senior Partai Demokrat sekaligus ayah dari AHY mengatakan siap turun gunung agar Prabowo Subianto bisa memenangkan pertarungan di Pilpres 2024.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x