Kompas TV nasional politik

PDI-P Nilai Pernyataan Jokowi soal Punya Data Pergerakan Partai di Pilpres 2024 Logis, Ini Alasannya

Kompas.tv - 17 September 2023, 09:00 WIB
pdi-p-nilai-pernyataan-jokowi-soal-punya-data-pergerakan-partai-di-pilpres-2024-logis-ini-alasannya
Politikus PDI Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu, saat menyampaikan keterangan, Senin (21/8/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah mengetahui arah partai politik di Pilpres 2024. Tak hanya itu Jokowi juga mengetahui tujuan partai-partai politik di Pilres 2024. 

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat memberi sambutan di acara Rakernas relawan Seknas Jokowi di Bogor, Sabtu (16/9/2023).

Jokowi menjelaskan informasi terkait dalaman partai termasuk arah tujuan di Pilpres 2024 sangat lengkap, mulai dari data hingga hasil survei. Informasi tersebut didapat dari BIN, Bais TNI, Baintelkam Polri dan dari informasi lainnya. 

Politikus PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menilai wajar jika kepala negara mendapat informasi dari para pembantunya. 

Menurutnya sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, Jokowi harus mendapat informasi terkait situasi nasional hingga situasi keamanan. Apalagi saat ini partai politik sudah bersiap untuk Pemilu serentak 2024. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Punya Data dan Tahu Langkah Parpol: Saya Tahu Dalamnya Partai Seperti Apa

Ia juga menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan pernyataan Presiden mendapat informasi pergerakan-pergerakan partai politik di Pilpres 2024. 

Hal itu sangat logis lantaran Jokowi sebagai pemengang kekuasan memiliki sejumlah instrumen untuk membantunya dalam memberikan pertimbangan. 

"Ya logis kalau presiden pasti tahu, tentu yang namanya presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan beliau memiliki banyak instrumen kenegaraan. Baik itu ada BIN, ada intelijen kepolisian, kejaksaan dan lain-lain tentu seluruh informasi itu kan disampaikan kepada presiden," ujarnya saat dialog politik di Jakarta Selatan, Sabtu (16/9). 

Sebelumnya diberitakan Kompas.tv, pada acara Rakernas relawan Seknas, Jokowi menyatakan telah mendapat informasi dari BIN, Bais TNI maupun dari Baintelkam Polri mengenai arah dan tujuan partai politik di Pilpres 2024. 

"Saya tahu dalamnya partai seperti apa saya tahu. Partai-partai seperti apa saya tahu. Ingin mereka menuju ke mana saya juga ngerti," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Dapat Informasi soal Pergerakan Partai, Petinggi Golkar: Wajar buat Pertimbangan Presiden

"Informasi yang saya terima komplet dari intelijen saya ada BIN, dari intelijen di Polri ada, dari intelijen TNI saya punya BAIS dan informasi-informasi di luar itu, angka data, survei semuanya ada. Saya pegang semua dan itu hanya miliknya presiden karena langsung, langsung ke saya," sambung Jokowi. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x