Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Setuju Muhaimin Jadi Pendamping Anies, Ahmad Syaikhu: Ini Tanpa Syarat dan Permintaan

Kompas.tv - 15 September 2023, 22:12 WIB
pks-setuju-muhaimin-jadi-pendamping-anies-ahmad-syaikhu-ini-tanpa-syarat-dan-permintaan
Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengumumkan dukungan PKS kepada Muhaimin Iskandar sebagai bakal Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024, Jumat (15/9/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendukung Muhaimin Iskandar sebagai penamping Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Dukungan PKS kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini merupakan hasil rapat Majelis Syura PKS yang digelar sejak pukul 14.00 WIB, Jumat (15/9/2023). 

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan tidak ada syarat yang ditetapkan PKS terhadap Muhaimin untuk bisa menjadi bakal Cawapres Anies. 

Hal ini sejalan dengan keputusan Majelis Syura PKS yang diamanatkan dalam AD/ART PKS sebagai pihak yang menentukan Capres-Cawapres yang didukung oleh partai. 

"Apakah ada syarat-syarat atau permintaan-permintaan di partai koalisi ini, saya menyatakan ini semua tidak ada syarat segala macam yang kita minta. Ini adalah mekanisme di PKS," ujar Syaikhu di DPP PKS, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga: TOK! PKS Resmi Usung Anies-Cak Imin di Pilpres 2024, Kader Diminta Totalitas Lakukan Pemenangan

Syaikhu menambahkan dengan adanya penetapan ini, keraguan masyarkat terkait dukungan PKS kepada Muhaimin Iskandar sudah tidak ada lagi. 

Ia mengakui dalam piagam kerja sama di Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies sebagai bakal capres yang akan diusung memiliki kewenangan memilih pendampingnya di Pilpres 2024 mendatang. 

Namun PKS juga punya aturan yang menjelaskan penetapan Capres-Cawapres yang diusung dan didukung PKS harus melalui mekanisme rapat Majelis Syura.

"Alhamdulillah hasil rapat Majelis Syura menyetujui Bapak Muhaimin Iskandar menjadi bakal Cawapres mendampingi Bapak Anies Baswedan. Jadi tidak ada persyaratan-persyaratan," ujar Syaikhu. 

Adapun Majelis Syura PKS menetapkan lima keputusan yakni;

Pertama, memperkuat keputusan Musyawarah Majelis Syura ke-8 yang mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal Capres RI pada Pilpres 2024. 

Kedua, memutuskan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden RI mendampingi Bapak Anies Rasyid Baswedan.

Baca Juga: Pengamat: PKS Lebih Beruntung jika Keluar dari Koalisi Perubahan, Bikin Poros Baru dengan Demokrat

Ketiga, menyetujui dan menetapkan pasangan Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai pasangan bakal Capers RI dan bakal Cawapres RI yang secara resmi diusung PKS pada Pilpres 2024.

Keempat, dengan pencalonan pasangan Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal Capres RI dan Cawapres RI, PKS optimis dapat mengokohkan kemenangan yang didasari semangat Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, Ukhuwah Insaniyah.

Kelima, menginstruksikan kepada seluruh pengurus, anggota dan keluarga besar PKS untuk totalitas bekerja keras memenangkan pasangan Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Abdul Muhaimin Iskandar sebagai bakal Capres RI dan Cawapres RI pada Pilpres 2024.  


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x