Kompas TV nasional rumah pemilu

Dikabarkan Ada Satu Parpol Lagi yang Gabung dengan Koalisi Indonesia Maju, PAN: Kami Harap Demokrat

Kompas.tv - 15 September 2023, 14:53 WIB
dikabarkan-ada-satu-parpol-lagi-yang-gabung-dengan-koalisi-indonesia-maju-pan-kami-harap-demokrat
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi berharap Partai Demokrat akan bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju atau KIM.

Diketahui, KIM yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres, saat ini terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia.

Ia menyinggung nama Partai Demokrat yang hingga kini belum memutuskan sikap terkait arah politik di Pilpres 2024 usai menyatakan keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Baca Juga: Arah Dukungan Demokrat di Pilpres 2024: Kata Kuncinya Wo, Bisa Prabowo atau Pranowo

Oleh sebab itu, Viva berharap partai berlambang bintang mercy itu bergabung dengan KIM dan mendukung pencalonan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres. 

"Dalam hal ini, setelah Partai Demokrat keluar dari KPP, PAN berharap dan akan bergembira jika Partai Demokrat dapat bekerja sama atau bergabung di KIM," kata Viva kepada wartawan, Jumat (15/9/2023). 

"Alasannya, pertama, dari sisi platform partai, relatif tidak berbeda sehingga akan memudahkan dalam mensinergikan kekuatan bersama. Apalagi Partai Demokrat, PAN, dan Gerindra di pilpres sebelumnya pernah dalam satu perjuangan di koalisi," sambungnya. 

Selain itu, kata Viva, adanya Demokrat di KIM, tentu memiliki dampak positif, karena akan memperluas basis pemilih Prabowo. 

"Kedua, akan memperluas basis dukungan Pak Prabowo karena masing-masing memiliki basis konstituen sendiri sehingga jika bergabung akan menambah kekuatan dan memperbesar suara di pilpres," ujarnya. 

Meski begitu, lanjut dia, pihaknya tak memastikan apakah parpol yang menyatakan akan berkoalisi dengan KIM untuk menyongsong gelaran Pilpres 2024 itu adalah Demokrat atau bukan. 

"Untuk nama parpol yang akan bergabung di KIM, silakan ditebak saja. Pasti tebakannya tidak sesulit mengisi teka-teki silang. Nanti ditunggu kabar baiknya," katanya. 

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut akan ada satu parpol lagi yang bergabung dengan KIM untuk mengusung Prabowo.

“Yang penting kita tunggu ada satu partai lagi dulu masuk,” kata Airlangga ditemui usai pertemuannya dengan para ketum parpol KIM di kantor DPP Partai Golkar, Kamis (14/9) malam.

Baca Juga: Gerindra Tunggu Keputusan Demokrat Gabung ke Koalisi Prabowo

Dia tidak merinci betul siapa partai yang akan bergabung. Ia hanya mengatakan ciri-ciri dari partai itu memiliki warna identitas yang serupa dengan partai yang telah tergabung dalam KIM.

“Ciri-cirinya, warnanya sudah ada di koalisi ini,” kata Airlangga.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x