Kompas TV nasional peristiwa

Mimpi Anies untuk Indonesia: Jadi Kompas dan Bintang Utara bagi Dunia

Kompas.tv - 12 September 2023, 04:45 WIB
mimpi-anies-untuk-indonesia-jadi-kompas-dan-bintang-utara-bagi-dunia
Bacapres Anies Baswedan saat menghadiri puncak acara HUT ke-12 KompasTV #Indonesia12aya yang diselenggarakan di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Senin (11/9/2023) malam. (Sumber: YouTube Kompas TV)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden (bacapres), Anies Baswedan, mengungkapkan mimpinya untuk Indonesia. Dia mengatakan ingin Indonesia menjadi rujukan dunia.

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri acara puncak HUT ke-12 KompasTV di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Senin (11/9/2023) malam.

Anies bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan pengusaha Susi Pudjiastuti diberi waktu untuk naik ke atas panggung untuk berbicara. Ketiganya kemudian ditanya tentang apa mimpi mereka masing-masing untuk Indonesia.

"Kalau bicara mimpi ya, pertama, apa yang dicita-citakan dalam pembukaan UUD 45 itu terlaksana. Kalimat terakhir, 'menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia'. Itu bukan dibacakan di upacara tapi jadi kenyataan dan keseharian bagi semua," kata Anies.

"Yang kedua, mimpi agar Indonesia ini, seperti nama TV ini, menjadi kompas bagi dunia. Dunia melihat Indonesia sebagai sebuah negeri yang nilai-nilainya jadi rujukan. Nilai kebersamaan, nilai keadilan, nilai demokrasi, nilai penghargaan pada prinsip-prinsip human rights (hak asasi manusia)," ujarnya.

"Jadi nilai-nilai kita yang dipraktikkan, itu menjadi rujukan seperti bintang polaris di Kutub Utara. Bintang polaris itu bukan bintang paling terang tapi bintang yang dijadikan rujukan selama ratusan tahun untuk menentukan arah."

Baca Juga: Ini Pesan Ma'ruf Amin dalam Sambutan di HUT ke-12 KompasTV

"Nah Indonesia pernah punya periode di mana nilai-nilai yang kita wujudkan dalam keseharian itu menjadi inspirasi di Asia, jadi inspirasi di Afrika, jadi inspirasi di Amerika Latin."

"Dan sudah saatnya, di dalam negeri, apa yang dicita-citakan pendiri republik terlaksana dan global, Indonesia menjadi kompas dan bintang utara bagi dunia," pungkas Anies.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah tokoh nasional menghadiri puncak acara HUT ke-12 KompasTV #Indonesia12aya yang diselenggarakan di Golden Ballroom The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Senin (11/9/2023) malam.

Puncak acara HUT ke-12 KompasTV ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh penyanyi berbakat, Zizi Allafta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Duo Percussion dan Yeru Hendra M. yang membawakan tarian dari berbagai daerah di Tanah Air dengan tema Indonesia Menari.

Usai penampilan tersebut, pembawa acara, Liviana Cherlisa dan GJLS (Rigen, Rispo dan Hifdzi), secara resmi membuka puncak acara HUT ke-12 KompasTV.

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin turut hadir dan memberikan sambutannya.

Tampak pula Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-10 RI Jusuf Kalla dan Wakil Presiden ke-11 RI Boediono.

Sejumlah tokoh nasional lain juga terlihat hadir seperti Menparekraf Sandiaga Uno, Menhub Budi Karya Sumadi, hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Bacapres Anies Baswedan juga terlihat hadir dalam perayaan HUT ke-12 KompasTV.

Baca Juga: Hadir di HUT ke-12 KompasTV, Anies Baswedan Didampingi Sang Istri


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x