Kompas TV nasional politik

Pengamat: Ganjar dan PDIP Butuh Ridwan Kamil di Pilpres untuk Maksimalkan Kekuatan di Jabar

Kompas.tv - 11 September 2023, 15:01 WIB
pengamat-ganjar-dan-pdip-butuh-ridwan-kamil-di-pilpres-untuk-maksimalkan-kekuatan-di-jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. (Sumber: Humas Pemda Jawa Barat via ANTARA)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bakal calon presiden Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan dinilai perlu menggandeng Ridwan Kamil sebagai bakal cawapres untuk bisa menang Pilpres 2024.

Penjelasan itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Parameter Politik Adi Prayitno saat dihubungi KOMPAS TV, Senin (11/9/2023).

“Posisi Ridwan Kamil lebih dibutuhkan oleh Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan untuk di Pilpres 2024. Karena, suara Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan tidak signifikan di Jawa Barat,” kata Adi Prayitno.

“Kalau ada Ridwan Kamil, tentu saja kekuatan Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan akan lebih maksimal menambah kekuatan politik.”

Baca Juga: Pakar: Penulis Surat To You Whomever Minta Kasus Kematian di Cinere Ditindaklanjuti dengan Tepat

Adi mengatakan, untuk memenangkan Pilpres 2024 pemetaan kekuatan politik harus dilakukan dengan cermat. Satu di antaranya adalah dengan menambal kekuatan-kekuatan di kantong-kantong suara yang belum optimal.

“Selama ini PDI Perjuangan kan tidak maksimal suara-suaranya di Jabar, maka itu perlu Ridwan Kamil yang punya pengaruh besar di Jawa Barat,” ujar Adi Prayitno.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sempat melempar sinyal perihal cawapres untuk Ganjar Pranowo pada 28 Juni 2023.

Hasto menyampaikan dengan pantun bahwa cawapres untuk Ganjar Pranowo berada di Jawa Barat.

“Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” ucap Hasto di sela acara peletakan batu pertama Monumen Plaza Ir Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Bandung.

Baca Juga: Anies Baswedan Tidak Khawatir Cak Imin Diperiksa Kasus Korupsi: KPK Profesional

Bukan hanya memberi sinyal itu, Hasto juga memuji gaya kepemimpinan Ridwan Kamis di Jawa Barat.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni,” ujar Hasto.


Pemilu 2024 akan dilakukan 14 Februari 2024, hingga kini dari nama-nama capres yang mengemuka baru Anies Baswedan yang memiliki cawapres yaitu Muhaimin Iskandar.

Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto dari Partai Gerindra masih belum menentukan siapa pasangannya di Pilpres 2024.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x