Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan BMKG: Waktu dan Wilayah yang Akan Mengalami Awal Musim Hujan di Indonesia

Kompas.tv - 11 September 2023, 11:21 WIB
prakiraan-bmkg-waktu-dan-wilayah-yang-akan-mengalami-awal-musim-hujan-di-indonesia
Ilustrasi hujan. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis prakiraan awal musim hujan di Indonesia tahun 2023.

Prakiraan menunjukkan musim hujan tidak akan datang secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyatakan, awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada November 2023.

Namun, keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah.

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi November 2023. Namun, karena tingginya keragaman iklim di Indonesia, menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," ungkap Dwikorita dikutip dari YouTube BMKG, Senin (11/9/2023).

Baca Juga: BMKG Terbitkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia hingga 4 Meter

Berikut adalah gambaran awal musim hujan di beberapa wilayah.

Awal Musim Hujan di Indonesia 2023

Awal Musim Hujan Akhir Agustus 2023

  • Sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau akan memasuki musim hujan lebih awal, yaitu akhir Agustus 2023.

Awal Musim Hujan September 2023

  • Terdapat 24 zona musim (ZOM) atau sekitar 3,4 persen yang akan memasuki musim hujan pada September 2023. Ini meliputi sebagian Sumatera Barat dan Riau bagian selatan.

Baca Juga: BMKG: Awal Musim Hujan Diprediksi Terjadi November 2023

Awal Musim Hujan Oktober 2023

  • Pada Oktober 2023, sekitar 69 ZOM atau sekitar 9,9 persen ZOM akan memasuki musim hujan. Wilayah-wilayah yang termasuk di dalamnya adalah Provinsi Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Awal Musim Hujan November 2023

  • November 2023 akan menjadi awal musim hujan di sebagian besar wilayah Indonesia. Ada 255 ZOM atau sekitar 36,5 persen ZOM yang akan memasuki musim hujan, termasuk Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian besar Jawa Timur, dan Bali.
  • Selain itu, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan juga akan mengalami awal musim hujan pada bulan ini.

Baca Juga: Apa Itu Hujan Buatan dan Bagaimana Prosesnya? | SINAU

Awal Musim Hujan Desember 2023

  • Desember 2023 akan menjadi awal musim hujan bagi sekitar 153 ZOM atau sekitar 21,9 persen. Wilayah-wilayah ini meliputi sebagian besar Jawa Timur bagian utara, sebagian wilayah NTB, sebagian NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara, dan sebagian Maluku.

Awal Musim Hujan Tahun 2024

  • Masih ada 22 ZOM atau sekitar 3,2 persen ZOM yang akan mengalami awal musim hujan pada Januari hingga Mei 2024.

Baca Juga: Kualitas Jakarta Pagi Ini Masih Tergolong "Tidak Sehat", Terburuk Ke-3 Sedunia


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x