Kompas TV nasional rumah pemilu

Politisi PDIP: Deklarasi Anies-Muhaimin akan Tingkatkan Suara Nahdliyin ke Ganjar Pranowo

Kompas.tv - 3 September 2023, 16:03 WIB
politisi-pdip-deklarasi-anies-muhaimin-akan-tingkatkan-suara-nahdliyin-ke-ganjar-pranowo
Kolase foto bacapres PDIP Ganjar Pranowo (kiri) dan bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan (kanan). (Sumber: KOMPAS/HAS/RON)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dinilai malah akan meningkatkan dukungan Nahdliyin ke Ganjar Pranowo.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) yang juga politisi senior PDIP, Ganjar Pranowo, Deddy Yevri Sitorus.

Menurutnya, bakal calon presiden (bacapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu terkenal religius dan memiliki hubungan baik dengan organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU).

”Menurut saya pribadi, keputusan PKB itu justru akan membuat limpahan suara dari kalangan Nahdliyin kepada Ganjar Pranowo berpotensi membesar lantaran sosok Ganjar yang terkenal religius dan memiliki hubungan baik dengan kalangan Nahdliyin," kata Deddy, Sabtu (2/9/2023).

"Ganjar bahkan diterima baik oleh para kiai-kiai NU,” ujarnya dilansir dari Kompas.id.

Deddy menilai, sebagaimana Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memiliki latar belakang keluarga NU, Ganjar juga memiliki kedekatan dengan NU.

Baca Juga: Presiden PKS Sebut Pihaknya Sambut Baik PKB meski Tak Hadiri Langsung Deklarasi Anies-Muhaimin

Ia menjelaskan, istri Gubernur Jawa Tengah itu, Siti Atiqoh Supriyanti, merupakan anak dari Akhmad Musodik Supriyadi, yang merupakan anak kiai NU di Purbalingga, KH Hisyam A Karim. 

Deddy juga menilai, Ganjar merupakan sosok yang memiliki pengalaman lengkap di bidang pemerintahan serta relasi keagamaan.

”Ganjar pernah menjadi anggota DPR dan gubernur dua periode, yang berarti menguasai benar masalah-masalah pemerintahan, anggaran, kebijakan publik, dan birokrasi," ujarnya.

Ganjar, sambung dia, punya rekam jejak yang mumpuni sebagai gubernur di era otonomi daerah.



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x