Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS akan Bawa Nama Cak Imin ke Majelis Syura, Belum Restui jadi Cawapres Anies?

Kompas.tv - 2 September 2023, 17:54 WIB
pks-akan-bawa-nama-cak-imin-ke-majelis-syura-belum-restui-jadi-cawapres-anies
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad dalam konferensi pers, Sabtu (2/9/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan pihaknya akan merekomendasikan nama Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk dibawa ke Musyawarah Majelis Syura.

Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa hal ini sesuai dengan Pasal 16 Anggaran Dasar PKS ayat (2) huruf (i) yang menyatakan bahwa kewenangan untuk menetapkan kebijakan Partai berkenaan dengan Pemilihan Presiden dan/atau Wakil Presiden RI adalah Majelis Syura.

“Pada Musyawarah Majelis Syura yang ke-8, PKS telah menetapkan Anies Baswedan sebagai bacapres yang diusung oleh PKS,” kata Syaikhu dalam konferensi pers, Sabtu (2/9/2023).

Baca Juga: Respons PKS soal Deklarasi Anies-Cak Imin: Kami Menghormati Keputusan Partai NasDem dan PKB

“Adapun rekomendasi nama Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres insyaallah akan diusulkan untuk dibahas pada Musyawarah Majelis Syura PKS,” sambungnya.

Syaikhu menambahkan, PKS menghormati keputusan Partai NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah mendeklarasikan pasangan bakal capres-cawapres, Anies-Cak Imin.

Dia juga mengucapkan selamat datang atas bergabungnya PKB dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).


“Insyaallah ini akan semakin mengokohkan semangat untuk memenangkannya dan insyaallah kita semakin optimistis untuk meraih kemenangan pada Pilpres 2024 untuk mewujudkan Indonesia yang adil sejahtera, dan bermartabat,” ujar dia.

Sementara itu, juru bicara PKS Al Muzammil Yusuf menjelaskan bahwa pihaknya akan memutuskan apakah pihaknya akan mendukung Cak Imin sebagai bakal cawapres Anies atau tidak dalam Musyawarah Majelis Syura.

Baca Juga: Gus Yahya Usai Deklarasi Anies-Cak Imin: NU Bukan Alat untuk Diperebutkan Suaranya, Itu Menghina

“Mekanisme di dalam PKS itu adalah keputusan penting tentang capres atau cawapres, bukan saja masa sekarang, pada capres cawapres yang lalu juga begitu, kita bawa ke Majelis Syura,” jelas Muzammil.

Soal waktu pelaksanaan Musyawarah Majelis Syura, Muzammil bilang dalam waktu dekat, tapi belum bisa memberikan informasi lebih detail.

Sebagai informasi, deklarasi Anies-Cak Imin digelar di Hotel Majapahit, Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur siang ini. PKS tak hadir dalam acara deklarasi tersebut.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x