Kompas TV nasional humaniora

Menkes Lobi China untuk Dapat Pinjaman Mobil Pemantau Kualitas Udara

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 14:47 WIB
menkes-lobi-china-untuk-dapat-pinjaman-mobil-pemantau-kualitas-udara
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin dalam Rakornas) Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di (Sumber: Youtube Perekonomian RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya sedang melobi pemerintah China agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan pinjaman mobil pemantau kualitas udara. 

"Kita malah mengusulkan lagi ngelobi ke China kalau bisa mobil (pemantau kualitas udara) dipinjamkan ke kita," kata Budi saat rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (30/8/2023). 

Menurut dia, dengan menggunakan mobil tersebut, nantinya bisa mendeteksi penyebab buruknya udara di wilayah Jabodetabek. 

Baca Juga: Menkes Sebut Indonesia akan Tiru Cara China dalam Menangani Masalah Polusi Udara di Jabodetabek

"Jadi bisa datang kalau misalnya tinggi, kita kirim, tahu penyebabnya dari transportasi," katanya.

"Tangerang (polusi udara) tinggi, kita kirim oh penyebabnya PLTU. Bekasi tinggi, oh penyebabnya pembakaran sampah di Bantar Gebang," ujarnya. 

Ia menjelaskan, setelah mengetahui penyebab timbulnya polusi udara dari masing-masing wilayah, sehingga nantinya bisa mengeluarkan kebijakan yang efektif. 

"Itu bisa ketahuan sehingga dengan demikian intervensi kebijakan bisa tepat," ujarnya. 

Pemerintah Indonesia, lanjut Budi, akan meniru cara kebijakan di China dalam menangani masalah polusi udara di wilayah Jabodetabek. 

Ia mengaku telah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan menerapkan cara seperti di China tersebut. 

Baca Juga: Kemenkes Ungkap 6 Penyakit yang Berkaitan dengan Polusi Udara, Kasus ISPA Meningkat

"Ini sudah kita kirim ke kantor Presiden biar bisa kita tiru saja lah cara (China mengatasi polusi udara) ini," kata Budi. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.