Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP Effendi Simbolon: Saya Tak Mau Jadi Caleg, karena Mau Nyapres

Kompas.tv - 24 Agustus 2023, 17:01 WIB
politikus-pdip-effendi-simbolon-saya-tak-mau-jadi-caleg-karena-mau-nyapres
Anggota Komisi I DPR RI dari PDI-P Effendi Simbolon mengapresiasi komitmen pemerintahan Jokowi untuk Sumut dengan selesainya pengerjaan dua jalan tol, Senin (9/10/2017). (Sumber: KOMPAS.com / Mei Leandha)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon menjelaskan alasan dirinya tak lagi mencalonkan diri sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024 mendatang. 

Effendi berkelakar, alasannya karena ia ingin maju sebagai bakal capres di pesta demokrasi nanti. 

"Insyaallah tidak mencalonkan, kita mau nyapres. Enggak (jadi juru kampanye), enak aja, kita mau nyapres. Kok (bakal) cawapres, (bakal) capres," kata Effendi di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Sekjen PDIP: Meski Ada Berbagai Penawaran, Budiman Sudjatmiko dan Effendi Simbolon Tetap Merah

Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan, dia bisa maju sebagai bakal capres bila nanti Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan ambang batas pencalonan presiden menjadi nol persen. 

"Nanti kan MK-nya 0 persen. Kan judical review lagi. Nyapres kita mau challange kebuntuan politik," ujarnya.

Meski begitu, kata dia, dirinya belum melakukan komunikasi dengan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri ihwal rencananya tersebut. 

Tak hanya itu, dirinya pun menyatakan bakal siap menghadiri debat bakal capres bila nanti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI mengundangnya. 

"Ya ayo, ayo, iya kalau BEM undang saya juga saya mau. Lho beneran kan semua masih sama-sama bakal. Saya juga boleh dong dihadirkan," kata Effendi.

Effendi menambahkan, sudah saatnya dirinya berkarier politik di tingkatan lebih tinggi. Sebab, ia sudah terlalu lama duduk sebagai anggota legislatif 

"Kita dengan kesadaran pertama memang mungkin udah cukup juga ya, udah 20 tahun. Saya 25 tahun nyaleg terus 20 tahun di sini dan bagi saya generasi muda juga harus diberi kesempatan untuk memulai," katanya.

Sebelumnya, mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengaku resmi maju sebagai bakal calon anggota legislatif DPR dari PDIP. 


 

Dia maju melalui daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III yang sebelumnya diisi oleh politikus PDIP Effendi Simbolon. 

Baca Juga: Usai Penuhi Panggilan DPP PDIP, Begini Pelukan Effendi Simbolon ke Hasto

"Saya mendaftar di PDI Perjuangan dan masuk di Dapil III Jakarta yang tadinya di sana ada bang Effendi Simbolon," kata Ferdinand saat dikonfirmasi dikutip Kamis, 3 Agustus 2023. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x