Kompas TV nasional politik

Diminta Mengundurkan Diri, Budiman Sudjatmiko: Saya Belum Ada Panggilan Resmi dari PDIP

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 16:16 WIB
diminta-mengundurkan-diri-budiman-sudjatmiko-saya-belum-ada-panggilan-resmi-dari-pdip
Budiman Sudjatmiko, saat di Jakarta, Jumat (5/11/2021). (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Budiman Sudjatmiko mengaku hingga kini belum mendapatkan panggilan resmi dari partainya.  

Hal ini menanggapi kabar pemecatan dirinya dari PDIP usai melakukan deklarasi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres di Pilpres 2024. 

"Saya belum bisa memberikan komentar, karena memang belum ada surat pemanggilan (dari DPP PDIP) kepada saya," kata Budiman kepada wartawan, Senin (21/8/2023). 

Baca Juga: Terancam Dipecat , Budiman Sudjatmiko Ngaku PDIP Sejati: Tak Terpikir Pindah ke Gerindra

Budiman menjelaskan, dirinya hingga saat ini hanya baru mendapatkan peringatan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto. 

"Karena biasanya proses jika ada tindakan kepada saya kepada kader pada umumnya didahului oleh pemanggilan resmi secara surat organisasi kepada kader yang dikenakan sanksi, yang setelah melewati tahap peringatan juga melalui surat. Begitu," terang Budiman.

"Jadi karena saya belum dapatkan surat pemanggilan resmi menyebabkan saya belum bisa menyampaikan tanggapan. Tetapi jika ada surat pemanggilan resmi, saya datang, ada majelis kehormatan partai, ya. Karenanya saya menunggu saja," ujarnya.  

Menurut dia, bila PDIP ingin melakukan pemecatan terhadap kadernya, harus melalui beberapa tahapan. 

"Sepengetahuan dan seingat saya bahwa memang harus ada pemanggilan resmi terlebih dahulu. Selama ini kan belum pernah dipanggil secara resmi."

"Untuk mundur, saya? Enggak ya, bagi saya kalau mundur itu seperti malah saya tidak mendapatkan penjelasan, tidak punya kesempatan untuk menjelaskan apa yang menjadi argumen saya," ujarnya. 


Sebelumnya, DPP PDIP akan segera mengambil keputusan ihwal sikap kadernya, Budiman Sudjatmiko pada Senin (21/8/2023) siang. 

Opsi yang ditawarkan adalah berupa pemecatan atau mengundurkan diri. 

Namun, partai berlambang banteng moncong putih itu batal mengumumkan nasib Budiman pada hari ini. 

Baca Juga: PDIP Ultimatum Budiman Usai Dukung Prabowo: Mundur atau Dipecat!

"Hari ini PDI Perjuangan sedang fokus membahas hasil survei Indikator dan Kompas yang menunjukkan kenaikan elektoral Ganjar Pranowo dan terjadi rebound," kata Kepala Sekretariat DPP PDI Perjuangan Adi Dharmo kepada wartawan, Senin.

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x