Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS soal Elektabilitas Anies di Survei Litbang Kompas Terbaru: Warning buat Koalisi

Kompas.tv - 21 Agustus 2023, 12:34 WIB
pks-soal-elektabilitas-anies-di-survei-litbang-kompas-terbaru-warning-buat-koalisi
Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (Sumber: Humas DPP PKS. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, hasil survei elektabilitas bakal capres Koalisi Perubahan dan Persatuan Anies Baswedan pada survei Litbang Kompas terbaru akan menjadi evaluasi pihaknya dalam menyongsong gelaran Pilpres 2024. 

Diketahui, berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru elektabilitas Anies sebesar 12,7 persen, berada di posisi ketiga. 

"Tentunya koreksi buat koalisi ini sebuah warning agar memperbaiki strategi dan juga pola pemandangan yang pasti kita pasti punya 176 hari lagi masih banyak hal yang terjadi 5 bulan ke depan masih banyak hal yang kita kerjakan untuk mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan," kata Habib Aboe kepada wartawan, Senin (21/8/2023). 

Baca Juga: Survei Litbang Kompas Terbaru: Elektabilitas Ganjar 24,9%, Prabowo 24,6%, Anies 12,7%

Menurut dia, hasil survei saat ini hanya sebuah dinamika politik, sehingga tak perlu diambil pusing. 

"Saya yakin melihat survei ini PKS Nasdem dan Demokrat akan semakin powerful berjuang yakin banget. Dan saya yakin banget relawan Anies masih bergerak untuk meningkatkan elektabilitas titik secara personal," ujarnya. 

Anggota Komisi III DPR ini menambahkan, pihaknya akan menyiapkan sejumlah strategi agar Anies bisa memenangkan pesta demokrasi nanti. 

"Saya yakin akan mereview yang ada dan menyiapkan langkah-langkah taktik untuk merespon titik kita lihat aja beberapa waktu ke depan. Sepanjang persaingan ini saya naik turun ke stabilitas akan terus terjadi dan itu biasa dalam kehidupan politik," katanya.  

Sebelumnya, elektabilitas bakal capres PDIP Ganjar Pranowo mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hal itu terekam dalam Survei Litbang Kompas periode 27 Juli - 7 Agustus 2023. 

Dikutip dari Kompas.id, Senin (21/8/2023), elektabilitas Ganjar mencapai 24,9 persen, sedangkan Prabowo 24,6 persen. 

Sementara elektabilitas Anies Baswedan, bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), sebesar 12,7 persen.


Survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 27 Juli - 7 Agustus 2023. Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. 

Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error survei +/- 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Baca Juga: Suara untuk Anies dan Ganjar Cenderung ke Prabowo pada Simulasi 2 Nama di Survei Litbang Kompas

Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara). 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.