Kompas TV nasional politik

Megawati Hadir di Sidang Tahunan MPR 2023, SBY dan AHY Absen

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 09:03 WIB
megawati-hadir-di-sidang-tahunan-mpr-2023-sby-dan-ahy-absen
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di Gedung MPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri nampak menghadiri kegiatan Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 pada Rabu (16/8/2023).

Berdasarkan pantauan Kompas TV, ketua umum PDIP itu nampak mengenakan kebaya berwarna putih yang dipadukan dengan kain bawahan  warna merah bermotif beserta selendangnya. 

Setibannya di Gedung MPR, Megawati langsung disambut oleh Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. 

Baca Juga: Hari Ini, Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan di Sidang Tahunan MPR RI, Bakal Dihadiri 1.549 Undangan

Megawati turut didampingi oleh Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah saat memasuki gedung sebelum masuk ke Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD.

Namun  Presiden ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 pada hari ini, Rabu (16/8/2023). 

Juru bicara (jubir) DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, SBY kini sedang berada di Pacitan, Jawa Timur untuk mempersiapkan pembukaan Museum dan Galeri SBY ANI yang rencananya dibuka pada Kamis (17/8/2023).

"Bapak (SBY) sedang di Pacitan. Mempersiapkan pembukaan museum SBY ANI," kata Herzaky kepada Kompas TV, Selasa (15/8/2023). 

Selain itu, lanjut Herzaky, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga tak hadir dalam agenda Sidang Tahunan MPR 2023. 

"(Mas AHY) Sudah di Pacitan juga," katanya.

Sementara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2023 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, pada Rabu (16/8/2023). 


 

Pria yang karib disapa Bamsoet itu menjelaskan, Presiden Jokowi akan berpidato tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan sekaligus Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Baca Juga: SBY dan AHY Tak Hadir di Sidang Tahunan MPR Besok, Ini Alasannya

"Sidang dimulai pukul 09.30 WIB. Dihadiri sekitar 1.549 undangan. Antara lain terdiri dari presiden RI dan wakil presiden RI, mantan presiden RI dan mantan wakil presiden RI, mantan Ketua MPR RI/DPR RI/DPD RI, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR RI, menteri Kabinet Indonesia Maju, dan pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan di DPR RI, raja-raja nusantara, ketua ormas keagamaan serta perwakilan teladan dari seluruh nusantara," kata Bamsoet seperti dikutip dari laman mpr.go.id, Senin (14/8/2023).



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.