Kompas TV nasional rumah pemilu

Zulkifli Hasan: KIB Sudah Enggak Ada, Koalisi Golkar-PAN Sekarang Bersama PKB dan Gerindra

Kompas.tv - 14 Agustus 2023, 18:35 WIB
zulkifli-hasan-kib-sudah-enggak-ada-koalisi-golkar-pan-sekarang-bersama-pkb-dan-gerindra
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menandatangani kerja sama untuk mengusung Prabowo sebagai capres di Pilpres 2024 di Museum Proklamasi, Menteng, Jakarta, Minggu (13/8/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membenarkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah bubar setelah masuknya PAN dan Partai Golkar ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang beranggotakan Partai Gerindra dan PKB.

Zulkifli menjelaskan meski PAN dan Golkar mendukung Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024, komunikasi dengan PPP, anggota KIB yang mendukung capres PDIP, Ganjar Pranowo, tetap berjalan baik. 

"(KIB) sudah enggak ada, sekarang gabung pakai nama baru kan dengan koalisinya PAN dan PKB," ujarnya saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Zulkifli mengatakan langkah PAN bergabung dengan KKIR dan mendukung Prabowo serta keberlangsungan KIB, sudah sempat didiskusikan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Baca Juga: PPP Tegaskan KIB Auto Bubar Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo

Menurutnya, dari diskusi dengan Golkar serta melihat perkembangan hasil survei, PAN akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan kubu Prabowo. Gayung bersambut, Golkar pun ikut mendukung Prabowo.

Kini Golkar dan PAN bergabung dalam KKIR yang dibentuk Gerindra dan PKB. Partai lain yang sebelumnya sudah bergabung dengan KKIR adalah Partai Bulan Bintang (PBB). 

Zulkifli mengatakan hasil diskusi PAN dengan Golkar juga memutuskan bahwa masuknya kedua partai tersebut ke KKIR secara langsung membuat KIB bubar. 

Dia menjelaskan tidak ada acara resmi pembubaran KIB. Namun komunikasi ketiga partai, kata Zulkifli, tetap terjaga.

"Masa perpisahan makan-makan. (PPP) Kontakan aja," ujarnya. 

Baca Juga: Respons PDIP Usai Golkar dan PAN Merapat Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Adapun deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo dilakukan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023). Kini Golkar dan PAN masuk di KKIR bersama PKB, Partai Gerindra dan PBB.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x