Kompas TV nasional rumah pemilu

Golkar dan PAN Dukung Prabowo, PDIP: Kami Terbiasa Dikeroyok secara Politik

Kompas.tv - 13 Agustus 2023, 19:35 WIB
golkar-dan-pan-dukung-prabowo-pdip-kami-terbiasa-dikeroyok-secara-politik
(Dari kanan ke kiri) Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan usai mendeklarasikan Prabowo sebagai capres 2024-2029 di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023). (Sumber: KOMPAS.com/VITORIO MANTALEAN)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Said Abdullah menanggapi keputusan Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Dengan tambahan dukungan ini, Prabowo sekarang didukung oleh empat partai besar yakni Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, dan PAN.

Terkait hal itu, Said mengatakan PDIP adalah partai yang terbiasa dikeroyok secara politik.

Dia menjelaskan PDIP sudah dikeroyok sejak era Orde Baru hingga saat Joko Widodo (Jokowi) maju bersama Jusuf Kalla sebagai pasangan capres-cawapres.

Saat itu, Jokowi-JK yang diusung oleh PDIP, tidak mendapatkan dukungan dari partai besar dan berkoalisi dengan NasDem, PKB, dan Hanura.

"PDI Perjuangan memiliki sejarah panjang sebagai partai yang dididik dan dibesarkan dengan terbiasa dikeroyok secara politik," kata Said dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2023), dikutip dari Tribunnews.com.

Oleh karena itu, dia meminta kader PDIP untuk tetap solid dan berjuang untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Oleh sebab itu bagi segenap kader PDI Perjuangan perlu kami ingatkan, kita pernah mengalami pahit getirnya sejarah, justru dari pengalaman panjang itulah kita harus memperkuat mental juang," ucap Said.

Baca Juga: Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Demokrat: Tidak Mengejutkan, Sudah Terprediksi

"Kita harus bisa setegak-tegaknya melalui jalan terjal politik, dan dengan begitulah mental juang kita terbentuk," tegasnya.

Said juga menambahkan, dukungan-dukungan yang diterima Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 juga kuat karena datang dari berbagai latar.

"Ada PPP yang memiliki kekuatan barisan kiai dan santri yang teguh dalam jalan dakwah politik," ujarnya.

"Kita kawan seiring Partai Perindo yang memiliki jaringan kekuatan media, serta Partai Hanura yang punya kekuatan pendukung yang patut diperhitungkan, khususnya di luar Jawa," tukas Said.

Seperti diberitakan sebelumnya, Partai Golkar dan PAN, Minggu (13/8/2023), resmi menyatakan dukungan kepada Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

Dua partai politik tersebut pun telah menandatangani dokumen kerja sama dengan Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang sebelumnya telah membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Dengan begitu, Prabowo menjadi bakal capres yang memiliki jumlah dukungan kursi terbanyak yakni 265 kursi.

Angka tersebut lebih tinggi dari dukungan kursi yang dimiliki Anies Baswedan (NasDem, PKS, Demokrat) dengan 163 kursi dan Ganjar Pranowo (PDIP dan PPP) 147 kursi. 

Baca Juga: Kala Ketum PKB Cak Imin Sambut Golkar dan PAN Gabung Koalisi Dukung Bakal Capres Prabowo


 



Sumber : Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x