Kompas TV nasional aiman

Nekat Menuju Senayan! - AIMAN (5)

Kompas.tv - 20 Maret 2019, 19:20 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : Haris Mahardiansyah

Sebulan menjelang Pemilu Raya 2019, 7.968 calon legislatif bersaing merebut 575 kursi DPR di Senayan, Jakarta. Jumlah tersebut belum termasuk lebih dari 8.500 caleg yang juga berkompetisi demi menduduki 2.000 kursi DPRD Provinsi, dan juga 17.000 kursi lainnya yang direbutkan oleh caleg DPRD Kota dan Kabupaten. Pemilihan legislatif (Pileg) kali ini diwarnai banyak cerita menarik termasuk kisah para caleg yang berasal dari kalangan menengah-bawah, mulai dari pedagang cakwe, penjual kopi keliling, hingga pekerja sol sepatu yang berusaha menggapai mimpinya mennjadi caleg DPRD Kota/Kabupaten.

Namun strata menengah-bawah, tidak menutup kemungkinan menuju tingkat legislatif lebih tinggi. Adalah Suhandi (40), satu-satunya pengemudi ojekonlinedi Indonesia yang mendaftar sebagai calon anggota legislatif DPR RI. Ia maju sebagai caleg untuk daerah pemilihan (Dapil) Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Jurnalis KompasTV, Aiman Witjaksono, mengurai kisah Suhandi menggapai Senayan, apa langkahnya untuk menang? Lalu bagaimana penjelasan Pakar Psikologi Politik, Hamdi Muluk mengenai fenomena para caleg dari kalangan menengah-bawah menuju Senayan dalam Pileg 2019 ini?

#Pemilu2019 #SupirOjolJadiCaleg #CalegPemilu2019




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x