Kompas TV nasional rumah pemilu

PDIP: Kami Belum Beri Penawaran Apapun ke Demokrat agar Keluar dari Koalisi Parpol Pro Anies

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 18:28 WIB
pdip-kami-belum-beri-penawaran-apapun-ke-demokrat-agar-keluar-dari-koalisi-parpol-pro-anies
Politikus PDIP Deddy Sitorus. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus PDIP Deddy Sitorus mengatakan, pihanya hingga saat ini belum memberikan penawaran apapun agar Partai Demokrat mau keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mendukung bakal capres Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Hal ini menanggapi pertemuan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, kemarin.

"Tawaran (ke Demokrat) saya kira belum terpikirkan. Kita ini kan baru melakukan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh rakyat Indonesia, yaitu di mana ketika para elite dan sejarah itu tetap bergandengan tangan, bersama-sama menciptakan suasana politik yang lebih kondusif dan hubungan antar parpol dan elite yang lebih baik dan cair," kata Deddy dalam program Kompas Petang di Kompas TV, Jumat (11/8/2023). 

Baca Juga: Tanggapan Puan saat Ditanya Kapan Demokrat Merapat ke PDI-P

Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Ganjar Pranowo ini menyebut, seiring berjalannya waktu, terbuka kemungkinan PDIP menawarkan sesuatu yang menarik kepada partai berlambang bintang mercy itu agar mau berkoalisi menyongsong pesta demokrasi nanti. 

"Tapi apakah itu dimungkinkan, sangat dimungkinkan. Itu tergantung daripada Demokrat dan PDIP sendiri." 

"Tapi pada hari ini posisi kita adalah menghormati kesepakatan politik yang sudah dibangun Demokrat bersama teman-teman dari dua partai yang lain," kata Deddy. 

Menurut dia, pihaknya tetap akan mengedepankan etika politik, yakni menghormati posisi Demokrat yang sudah berkoalisi dengan Nasdem dan PKS. 

"Posisi Demokrat yang sudah membuat kesepakatan politik, membentuk koalisi bersama partai lain, bersama Nasdem dan PKS." 

"Jadi dalam konteks itu saya kira tidak akan etis, tidak akan bisa diterima kalau PDIP berbicara kontestasi pilpres yang akan datang," ujarnya. 

Sebelumnya, Puan dan AHY melakukan pertemuan pada Kamis (10/8/2023) malam.

Keduanya bertemu dalam acara peluncuran buku AHY, bersamaan juga dengan perayaan ulang tahun AHY.

Mereka mengaku pertemuan kali ini tidak terkait dengan tahun politik, karena hanya bersifat silaturahmi biasa.

Baca Juga: Demokrat 'Digoda' PDIP Lagi, Sudah Pasti Beda Kubu atau Ada Peluang Kerja Sama?

"Ini suatu hal yang sangat baik, semangat Mas AHY untuk bisa membuka diri melalui tulisan tentu saja nanti kita baca," ujar Puan, kemarin. 

"Kami berusaha untuk membawa diri sebagai satu keluarga, yang sama-sama orang tuanya pernah menjabat Presiden," sambungnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x