Kompas TV nasional peristiwa

Tetapkan 2.497 Personel Komcad 2023, Prabowo Bawa Pesan Jokowi soal SDM Unggul dan Patriotik

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 15:39 WIB
tetapkan-2-497-personel-komcad-2023-prabowo-bawa-pesan-jokowi-soal-sdm-unggul-dan-patriotik
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menetapkan 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad) TNI tahun 2023, di lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat Jumat (11/8/2023). (Sumber: Tangkap layar kanal YouTube Kementerian Pertahanan.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi menetapkan 2.497 personel Komponen Cadangan (Komcad) TNI Tahun 2023, Jumat (11/8/2023).

Penetapan tersebut dilakukan di lapangan Pusdiklatpassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Jumat tanggal 11 Agustus 2023, Komponen Cadangan yang dibentuk pada tahun 2023 secara resmi saya nyatakan ditetapkan," kata Prabowo dalam upacara penetapan Komcad, Jumat, seperti dilansir dari YouTube Kementerian Pertahanan.

Dari 2.497 orang pada 2023 sendiri terdiri atas Komcad Matra Laut sebanyak 500 orang (450 pria dan 50 wanita), Matra Udara sebanyak 500 orang pria, dan Matra Darat sebanyak 1.497 orang.

Dalam amanatnya, Prabowo membawa 10 pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bersifat petunjuk untuk personel Komcad.

Beberapa diantaranya perlunya memperkuat daya tangkal masyarakat dan bangsa untuk mewaspadai setiap potensi ancaman menyiapkan antisipasi sedini mungkin dan terus membangkitkan kesadaran bela negara.

"Kita harus terus mengembangkan kemampuan dan kekuatan pertahanan negara, menyiapkan SDM unggul dengan karakter tangguh dan patriotik, serta modernisasi alutsista ketiga matra," ujar Prabowo.

Baca Juga: Syarat, Tugas dan Gaji Komcad 2023, Pendaftaran Dibuka hingga 14 April

Selain itu, Jokowi, kata Prabowo juga menyampaikan bahwa pertahanan sebuah negara tidak cukup hanya ditangani oleh militer konvensional, tetapi menjadi tugas dan kewajiban seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membela bangsa dan negara.

"Rakyat pemerintah dan seluruh elemen negara harus bersinergi membangun simpul yang kuat untuk mengelola sumber daya pertahanan bangsa yang melibatkan seluruh rakyat terutama saudara anggota Komcad," ucapnya.

Ia menambahkan, konsep kesemestaan harus diterapkan dengan meningkatkan setiap warga negara sebagai Komcad yang nantinya dapat dimobilisasi sewaktu waktu untuk kepentingan pertahanan negara.

"Kita sudah memiliki komponen cadangan dari tiga matra untuk melaksanakan strategi pertahanan berlapis, memperbesar dan memperkuat kapasitas komponen utama yang dapat dikerahkan apabila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang yang ditimbulkan oleh ancaman, seperti invasi dari negara lain," tegasnya.

Presiden, lanjut Prabowo, menyampaikan terima kasih dan selamat kepada seluruh anggota yang telah ditetapkan, serta atas kerelaan mereka menjadi anggota Komcad.

"Hal ini menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia untuk membuktikan kecintaan kepada bangsa dan negara," tambah Prabowo.

Sebagai informasi, Komponen cadangan adalah sumber daya yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama.

Pembentukan komponen cadangan ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Sebelum ditetapkan, anggota Komcad tersebut harus melalui tahapan, mulai dari pendaftaran pada tanggal 2 Januari-14 April 2023, seleksi pada 17-29 April 2023, hingga latihan dasar kemiliteran pada 8 Mei-31 Juli 2023.

Baca Juga: Momen Prabowo dan Gibran Semobil Hadiri Peringatan Hari Veteran Nasional di Solo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x