Kompas TV nasional peristiwa

Lantik 383 Perwira Remaja, Panglima TNI Minta Prajurit Siap Hadapi Tantangan Geopolitik Global

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 12:10 WIB
lantik-383-perwira-remaja-panglima-tni-minta-prajurit-siap-hadapi-tantangan-geopolitik-global
 Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melantik 383 perwira yang teridiri dari Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) dan perwira prajurit karier TNI, Rabu (9/8/2023). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melantik 383 perwira yang terdiri dari Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) PNB tahun pendidikan 2020 dan perwira prajurit karier TNI 2023.

Upacara Prasetya Perwira digelar di stadion olahraga Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (9/8/2023).

Dalam pidatonya, Laksamana Yudo menekankan bahwa para perwira yang baru dilantik ini merupakan garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jenderal Angkatan Laut bintang empat itu pun meminta para prajurit TNI untuk selalu siap dalam menghadapi setiap tantangan yang semakin kompleks.

"Situasi geopolitik global yang tidak menentu, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menyebabkan potensi ancaman tidak hanya berkonsentrasi pada konvensional, namun terus berkembang menjadi ancaman yang multi dimensi," kata Panglima TNI.

"Seperti ancaman siber, ancaman biologis, ancaman kecerdasan buatan, dan juga ancaman lainnya yang bisa merongrong kedaulatan NKRI," sambung Yudo Margono.

Sehingga, kata dia, para prajurit TNI harus memiliki kesiapan dalam menghadapi setiap tantangan dan perubahan-perubahan apapun yang terjadi di geopolitik global.

"Hal ini menuntutut kalian sebagai generasi muda TNI untuk terus mengisi diri, beradaptasi, mengasah diri, berlatih, berinovasi, untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI," tegasnya.

"Jadikan Kode Etik Perwira, Budi Bhakti Wira Utama, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI  sebagai pedoman dalam setiap melaksanakan tugas," ujar Panglima TNI.

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Ungkap Strategi Penyelamatan Pilot Susi Air yang Disandera KKB

Dalam kesempatan itu, Yudo juga tak lupa memberikan ucapan selamat kepada 383 perwira remaja TNI yang telah menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga pada pagi hari ini dapat dilantik sebagai TNI.

"Dengan keberhasilan dan kesuksesan ini kalian harus bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas anugerah yang telah diberikan," ucapnya. 

"Berterima kasih serta memohon doa restu kepada orang tua dan keluarga agar kalian siap melaksanakan tugas selanjutnya serta patut berbangga karena kalian sudah melewati tahapan awal sebagai bagian Tentara Nasional Indonesia (TNI)," imbuh Yudo Margono, dipantau dari tayangan Breaking News KompasTV.


Penghargaan Trisura Jalu Wiratama

Sebagai informasi, pelantikan para perwira remaja TNI ini, ditandai dengan penyematan pin penghargaan Trisura Jalu Wiratama, yakni tanda kehormatan yang diberikan kepada perwira dangen nilai terbaik dari aspek akademis jasmani dan kepribadian.

Untuk perwira dengan predikat lulusan terbaik, dari PSDP untuk Fixed Swing (sayap tetap) Letda Edwin Putra Kurniawan dan untuk Rotary Wing (sayap putar) Alshaer Ibrahim Moesa. Keduanya berasal dari TNI AL

Sementara untuk Perwira prajurit karier TNI yang menerima penghargaan Trisura Jalu Wiratama adalah Letda Hiras Valentinus Manurung dari TNI AD, Letda Argyantara Gigih Pradana dari TNI AL, Letda Nurdin Satria Putra dari TNI AU dan Letda Ade Ayu Putri Paratine dari TNI AD.

Dari total 383 perwira remaja yang dilantik hari ini, 33 perwira PSDP, dan 350 perwira prajurit karier. Di mana para perwira remaja TNI ini menyandang pangkat letnan dua (letda).

Baca Juga: Respons Panglima TNI, Ada Prajurit yang Geruduk Mapolrestabes Medan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x